Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam mengenal Bentuk Geomertri Dengan menggunakan Media Gambar

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam mengenal Bentuk Geomertri  Dengan menggunakan Media Gambar

Tri Puji Astuti, S.pd.AUD, Guru TK Ananda Palembang--

Salah satu karateristik aspek perkembangan kognitif adalah kemampuan mengenal bentuk bentuk geometri.

Menurut lestari (2011) bahwa kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini adalah kemampuan anak mengenal, menunjuk, menyebutkan serta mengumpulkan benda-benda disekitar berdasarkan bentuk geometri.

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik indonesia Nomor 146 tahun 2014 tentang Standar pendidikan Anak Usia Dini yaitu: perkembangan kognitif Anak Usia Dini dalam mengenal bentuk meliputi kemampuan menunjuk bentuk bentuk geometri ( segi tiga, segi empat dan lingkaran).

Serta mampu mengklasifikasikan benda kedalam bentuk kelompok yang sama

Dari bentuk- bentuk geometri yang dipelajari mempunyai definisi masing masing seperti segi tiga adalah bentuk dua dimensi tertutup, ia adalah poligon tiga sisi, semua sisi terbuat dari garis lurus.

Segi empat merupakan salah satu jenis bangun datar dua dimensi yang dimiliki empat sisi (rusuk) dan empat sudut.

Sedangkan lingkaran adalah bentuk yang terdiri dari semia titik dalam bidang yang berjarak tertentu dari titik tertentu, pusat; ekuivalennya adalah kurva yang dilacak oleh titik yang bergerak dalam bidang sehingga jaraknya dari titik tertentu adalah konstan.

Dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dalam mengenal Bentuk geomertri dengan menggunakan media gambar kelompok B di TK Ananda Palembang, saya mengajak anak mencocokan bentuk- bentuk geometri dengan menarik garis dari gambar bentuk geometri ke gambar yang sesuai.

Kegiatan pembelajaran ini sangat disukai oleh anak karena saya menyiapkan gambar yang berwarna sehingga anak lebih jelas dan tertarik untuk melakukan aktifitas belajarnya.

Pada kegiatan ini juga saya menggunakan metode demonstrasi dan pemberian tugas sehingga kemampuan perkembangan anak dapat tercapai. Kegiatan pembelajaran : mencocokan gambar dengan bentuk yang sama dengan cara menarik garis sesuai bentuknya.

Melalui kegiatan pembelajaran mengenal bentuk geometri ini anak dapat mengembangkan 6 aspek perkembangan anak yang meliputi aspek nilai moral dan agama dengan cara berdoa sebelum memulai kegiatan.

Aspek sosial emosial anak dapat mengerjakan tugas decara mandiri, aspek kognitif anak dapat mencocokan bentuk geometri dengan cara menarik garis sesuai dengan bentuknya,

Aspek fisik dan motorik anak dapat memegang pensil dengan sempurna, aspek bahasa anak dapat menyebutkan bentuk geometri (segi tiga, segi empat dan lingkaran) dan aspek seni anak dapat berkreasi menghubungkan bentuk gambar yang sesuai dengan bentuk dan warna secara tepat.

Sumber: