Pendampingan Pemanfaatan Geogebra bagi Guru SD Kecamatan Pemulutan

Pendampingan Pemanfaatan Geogebra bagi Guru SD Kecamatan Pemulutan

Tim Pelaksana Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya pose bareng dengan para guru--

 

 

RADAR PALEMBANG, Senin,12 September 2022 yang lalu, Tim Pelaksana Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya melakukan kegiatan pengabdian dengan judul “Pendampingan Pemanfaatan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Teknologi Informasi Guru SD Matematika di Desa Pemulutan dalam Membuat Media Pembelajaran”. Tim PPM ini terdiri dari 4 orang dosen yang diketuai oleh Sisca Octarina, M.Sc dengan anggota Drs. Putra BJ Bangun, M.Si, Indrawati, M.Si, dan Dr. Fitri Maya Puspita, M.Sc. Tim pelaksana juga dibantu oleh 10 orang mahasiswa dari Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya. Kegiatan dilakukan di SD Negeri 15 Pemulutan dengan jumlah peserta sebanyak 15 guru Matematika dari berbagai Sekolah Dasar (SD) yang berada di Kecamatan Pemulutan. 

Kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses. Kegiatan pendampingan ini mengenalkan pemanfaatan aplikasi yang bernama Geogebra dalam membuat media pembelajaran khususnya pelajaran Matematika. Kegiatan yang diusulkan ini terkait sekali dengan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Bidang ilmu Matematika biasanya mempunyai banyak data dalam bentuk angka dan formula, tabel hingga gambar. Keterbatasan memori dan waktu membuat guru menggunakan media pembelajaran seadanya saja. Guru sulit berkreasi dalam membuat media pembelajaran. Pengetahuan guru dan tenaga pendidik terhadap aplikasi pembelajaran khususnya Geogebra sebelumnya masing sangat minim, sehingga kegiatan pendampingan sangat perlu untuk diadakan dalam mendukung proses pembelajaran.

Kegiatan ini mendapat respon yang cukup baik dari peserta. Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan, terlihat dari sesi diskusi dan tanya jawab selama pelaksanaan berlangsung. 

 Sisca selaku pemateri memberikan beragam tutorial dan contoh penggunaan Geogebra baik dalam penggambaran grafik, penyelesaian fungsi, dan penulisan Matematika. "GeoGebra dapat digunakan sebagai alat bantu pengajaran untuk mendemonstrasikan konsep Matematika karena tersedianya representasi objek Matematika dalam bentuk aljabar, geometri dan lembar kerja, " Katanya.

 

 Siska juga mengatakan, GeoGebra juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran dengan memvisualisasikan konsep matematika yang abstrak menjadi bentuk nyata dan mudah dipahami oleh siswa. "Misalnya visualisasi bilangan pecahan, atau visualisasi integral tertentu, "ujarnya.

Sutini, S.Pd, SD.Kepala SDN 15 Pemulutan  mengatakan bahwa kegiatan pendampingan seperti ini diharapkan  sering dilaksanakan agar dapat meningkatkan kemampuan teknologi informasi guru-guru SD. (sep) 

 

Sumber: