FT Unsri Gelar Seminar Nasional Biofuel Energi Terbarukan Produk Anak Bangsa

FT Unsri Gelar Seminar Nasional Biofuel Energi Terbarukan Produk Anak Bangsa

Foto bersama, Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. H. Anis Sagaff. MSCE.IPU. ASEAN.Eng dan Para Pembicara Pada Seminar.-radarpalembang.disway.id-

PALEMBANG, RADAR PALEMBANG - Menjadikan slogan Net Zero Emission (NZE) semua negara di dunia termasuk Indonesia melaksanakan program transisi energi dari yang berbahan bakar fosil ke energi berbasis biomassa yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan. 

Memahami program pengembangan energi terbarukan-Bioenergi Indonesia, berdiskusi mengenai peran perguruan tinggi dalam pengembangan bahan bakar nabati hingga memunculkan ide kreatif mengenai riset dan pengembangan bahan bakar nabati, tentunya para ahli di bidangnya yang sangat berperan dalam meningkatkan SDM terbaik." ungkap Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. H. Anis Sagaff. MSCE.IPU. ASEAN.Eng membuka langsung seminar Nasional Biofuel 2022 didampingi Dekan Fakultas Teknik UNSRI Dr eng Ir H Joni Arliansayah MT. Kamis, 15 September 2022.

“Sinergi Riset Untuk Pengembangan Biofuel Indonesia, merupakan upaya peningkatan kualitas dan pengembangan kapasitas tridharma perguruan tinggi serta meningkatkan kemampuan Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya yang berkolaborasi dengan Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI)." ujarnya.

Menjadikan kekuatan ekonomi rakyat dalam energi terbarukan penyedia bahan baku tentunya menjadikan dasar utama dalam pengembang-pengembang dalam energi terbarukan, yang nantinya berkembang sebagai penopang ekonomi sebagai produk anak bangsa yang tidak di pandang sebelah mata oleh pihak lainnya."tegasnya.

BACA JUGA:Dosen UBD dan Pusat PSTA BRIN Bandung Lakukan Riset Bersama

Dalam seminar nasional  Biofuel tentunya melibatkan semua kalangan akademisi, peneliti hingga dan berbagai kalangan di instansi terkait. Seminar Nasional Biofuel 2022 dilakukan secara luring di Aula Fasilkom Kampus Universitas Sriwijaya Palembang dan daring melalui kanal zoom pada.

Nantinya akan membawa dampak positif dengan ilmu serapan dalam pengembangan untuk energi-energi terbarukan."pungkasnya

Sementara itu, Ketua Pelaksana seminar Jurusan Teknik Kimia Universitas Sriwijaya Lia Cundari ST MT, lebih kurang 1000 peserta telah mendaftarkan untuk berpartisipasi berasal dari 63 Universitas, 8 Instansi, 13 perusahaan, serta 21 sekolah tinggi dan institut yang ikut berpartisipasi tersebar dari seluruh Indonesia hingga yang terjauh berasal dari Texas, United States.

Namun peserta offline terbatas hadir 200 orang dan peserta online ditargetkan sebanyak 1000 peserta. Nantinya peserta offline yang hadir akan mendapatkan relasi, souvenir exclusive, games serta sertifikat. 

BACA JUGA:Terobos Dunia Maya, Aplikasi zoom US Cam Zi Unsri Resmi Launching Saat Wisuda ke-161

Seminar Biofuel menghadirkan dan menggandeng Keynote remark serta 5 Keynote Speaker yang berpengalaman dalam bidang Biofuel diantaranya Direktur Bioenergi Kementrian ESDM Edi Wibowo, Ketua Harian Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI) Paulus Tjakrawan, Ketua Ikatan Ahli Bioenergi Indonesia dan Ketua Forum Biodiesel Indonesia Tatang Hernas Soerawidjaya, Peneliti Biodiesel FT UNSRI Susila Arnita Rachman, Peneliti BRIN Arie Rachmadi, Vice President Process And Facility PT. Kilang Pertamina Internasional Arief Budiyanto dan Peniliti Bioetanol FMIPA UNSRI Hermansyah. " tegasnya.

Kegiatan ini dihadiri para akademisi dan peneliti dari Universitas ternama serta instansi yang terlibat dalam acara Seminar Nasional Biofuel 2022  Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia,  Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, Universitas Sebelas Maret, Universitas Diponegoro, Universitas Pendidikan Indonesia, Korea Institute of Energy Research, University Of Houdson, dan Indonesia Oil Palm Reseacrh Institute, PT. Supreme Energy,  BBPMGB “LEMIGAS" Kementerian ESDM RI, Dinas ESDM Provinsi Sumatera Selatan."pungkasnya.

Sumber: