Terobos Dunia Maya, Aplikasi zoom US Cam Zi Unsri Resmi Launching Saat Wisuda ke-161

Terobos Dunia Maya, Aplikasi zoom US Cam Zi Unsri Resmi Launching Saat Wisuda ke-161

Rektor Unsri Prof Dr Ir H Anis Saggaff MSCE IPU ASEAN ENG pada prosesi Wisuda ke-161. Saat bersamaan juga ada launching aplikasi zoom US Cam Zi, karya civitas akademika Universitas Sriwijaya. -foto:salamun/radar palembang)--

PALEMBANG, RADAR PALEMBANG Ini langkah Universitas Sriwijaya (Unsri) menjawab kebutuhan generasi z  dalam menerobos dunia maya. Civitas Akademika  kampus ini membuat sebuah aplikasi US Cam Zi Unsri yang resmi launching saat Wisuda ke-161.

Aplikasi US Cam Zi berarti Universitas Sriwijaya Camp Generasi Zi. Aplikasi itu, pun dipakai untuk zoom Wisuda lulusan Unsri ke-161 secara virtual.

"Ini Wisuda pertama kali menggunakan zoom produk Universitas Sriwijaya sendiri,’’ujar Rektor Universitas Sriwijaya, Prof Dr Ir H Anis Saggaff MSCE IPU ASEAN ENG, saat memberikan sambutan pada Wisuda ke-161 secara virtual di gedung FH Tower, Rabu,  24 Agustus 2022.

BACA JUGA:Gizi Buruk Ibu Hamil Mengkhawatirkan, Ancaman Terjadi Lonjakan Angka Stunting di Palembang

Menurut zoom merupakan aplikasi komunikasi dengan menggunakan video. Aplikasi US Cam Zi Unsri tersebut dapat digunakan dalam berbagai perangkat seluler, desktop, hingga telepon dan sistem ruang. 

Pada umumnya, para pengguna menggunakan aplikasi US Cam Zi ini untuk melakukan meeting hingga konferensi video dan audio.

Ia menambahkan, aplikasi US Cam Zi merupakan karya monumental dikembangan oleh civitas akademika Unsri  yang dikomandoi biro akademik.

"Ini membanggakan kita semua. Ini awal Civitas Akademika Unsri menerobos dunia maya yang saat ini segala penjuru dunia menggunakan ini (aplikasi zoom,read),"jelas Anis.

BACA JUGA:Aplikasi Siponi, Cara Pemkab Banyuasin Hindari Rangkap Tugas Personil Inti Jasa Konstruksi

Ke depan, ia berharap Aplikasi US Cam Zi Unsri akan makin populer di masyarakat, terutama di kalangan akamedik dahulu akan menggunakan aplikasi milik Unsri itu.

"Seluruh instansi di pemerintahan bisa menggunakan nya nanti, termasuk anak bangsa, dimana yang pertama kali diperkenalkan pada 9 Agustus lalu saat mahasiswa baru."

Aplikasi US Cam Zi ini, civitas akademika Unsri dapat menggunakan tanpa membeli. Pengunaan aplikasi bias untuk rapat dan keperluan lain dalam rangka memajukan Universitas Sriwijaya.

BACA JUGA:Kekerasan Terhadap Perempuan Oleh Anggota DPRD Palembang, Hotman Paris Siap Bela Nurmala

Mengenai Wisuda Unsri ke-161 kali ini, menurut Anis, ada 2.185 orang dengan lulusan pujian tepat waktu terbanyak sebanyak 850 orang. Artinya, mahasiswa Unsri yang lulusan terbaik dan tepat waktu mencapai 40 persen.

Angka ini, lanjut dia, indikasi bahwa proses belajar mengajar Universitas Sriwijaya yang dikawal sejak 2014 lalu. ‘’Saat Prof Badia jadi rektor dan saya wakil rektornya, telah bekerja dengan serius dan bekerja dengan baik,’’ujar Anis.

Dalam kesempatan tersebut, Anis mengumumkan ada 3 fakultas dengan meluluskan lulusan terbaik terbanyak jumlahnya.

"Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan 207 orang mahasiswa lulus cumlaude."

BACA JUGA:Anggota Fraksi Gerindra DPRD Palembang Lakukan Kekerasan Terhadap Perempuan, Pelaku Syukri Zen Minta Maaf

Menyusul Fakultas Ekonomi dengan 159 berstatus lulusan terbaik dari 266 yang lulus atau wisuda, dan ketika Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Secara rinci, ia menyebutkan, untuk Fakultas Hukum sangat sedikit meluluskan tahun ini, hanya 71 mahasiswa saja, beda dengan wisuda tahun sebelumnya yakni Wisuda ke-160.

"Untuk fakultas teknik dengan 256 diwisuda terdapat 82 berstatus lulusan terbaik, fakultas kedokteran dengan 137 diwisuda ada 19 mahasiswa lulusan terbaik, FKIP dengan 469 wisudawan dan Wati dimana 207 diantaranya lulusan terbaik,"ungkap dia.

BACA JUGA:Anggota Fraksi Gerindra DPRD Palembang Lakukan Kekerasan Terhadap Perempuan, Pelaku Syukri Zen Minta Maaf

Lalu, sambung dia, FISIP dengan 222 lulusan terdapat 115 berstatus wisudawan terbaik dengan pujian, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam sebanyak 237 diwisuda dimana 60 diantaranya lulusan terbaik.

"Fakultas ilmu komputer sebanyak 156 diwisudanya dimana 77 diantaranya lulusan terbaik, fakultas kesehatan masyarakat 117 diwisuda dengan 65 diantaranya lulusan terbaik, terakhir program Pascasarjana dengan 13 lulusan dimana 5 orang terbaik,"ujar dia. (*)

 

 

 

 

Sumber: