Risiko Ekonomi Global Meningkat, Daya Beli Masyarakat Terancam, Begini Strategi Kemenkeu

Risiko Ekonomi Global Meningkat, Daya Beli Masyarakat Terancam, Begini Strategi  Kemenkeu

Upaya Pemerintah dalam menjaga stabilitas harga pangan di antaranya melalui pemberian insentif selisih harga minyak goreng. Selain itu juga ada kebijakan, pelarangan sementara ekspor CPO dan turunannya untuk menjaga pasokan dengan harga terjangkau. 

‘’Pemerintah tetap mempertahankan harga jual BBM, LPG, listrik.  Ini semua akan dapat menjaga kecukupan pasokan, kelancaran distribusi serta keterjangkauan harga pangan pokok.  Kebijakan itu dapat melindungi daya beli masyarakat yang terancam, khususnya bagi kelompok berpenghasilan rendah,” lanjut Febrio.

Peran APBN 2022 sebagai shock absorber juga diimplementasikan dalam menjaga harga energi domestik agar tetap stabil melalui alokasi subsidi energi dan kompensasi yang mencapai Rp502,4 triliun.

“Subsidi dan kompensasi energi diberikan untuk menjaga stabilisasi harga, melindungi daya beli serta menjaga momentum pemulihan ekonomi. Mengingat energi merupakan kebutuhan pokok, kebijakan subsidi energi ini vital bagi proses pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung,” tutup Febrio. (yui)

 

 

Sumber: