PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID - TikTok Shop by Tokopedia bersama Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) menghadirkan program edukasi kreator muda 'Creators Lab' di lebih banyak wilayah, mulai dari Palembang dan akan berlanjut ke Medan, Bandung, Bali, Makassar, serta Lombok.
Program ini menyasar ribuan mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) dan berisi pelatihan komprehensif menjadi affiliate content creator, yang diharapkan bisa membantu promosi pariwisata lokal sekaligus memasarkan produk UMKM indikasi geografis, khususnya yang ada di TikTok Shop.
Creators Lab pertama kali digelar oleh TikTok Shop pada pertengahan tahun 2024 di Surabaya bersama Pemkot Surabaya dan Surabaya Next Leader, lalu berlanjut di Tegal bersama BNI, Solo bersama Difabel Berdaya Solo, Jakarta bersama Rumah BUMN BRI dan Nasari Digital, serta di Bekasi bersama Kemenekraf RI.
Pada tahun 2024, sudah ada ratusan kreator muda yang diberdayakan lewat Creators Lab. Satu Creators Lab bantu majukan pariwisata dan UMKM lokal.
BACA JUGA:Kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia Bersama Pemkab Tingkatkan Daya Saing Petani Kopi di Lahat
BACA JUGA: Tokopedia dan ShopTokopedia Bekali Petani Lokal dari Lahat
Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas SDM Aparatur dan Pendidikan Vokasi Kementerian Pariwisata, Andar Danova L. Goeltom, mengatakan, di era digital, platform teknologi punya peran penting dalam hal promosi pariwisata lokal dan produk unggulan berbasis geografis.
“Kami sangat mengapresiasi TikTok Shop by Tokopedia yang menghadirkan Creators Lab di berbagai daerah dengan pariwisata dan UMKM indikasi geografis berpotensi,” ujarnya Selasa 11 Maret 2025.
Lewat inisiatif ini, lanjutnya, akan lebih banyak anak muda yang bisa berkreasi membuat konten video berpenghasilan, daerah pariwisata juga makin dikenal sehingga mendatangkan lebih banyak pelancong, UMKM setempat pun dapat meningkatkan penjualan.
Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Vonny Susamto, menyevutkan, Affiliate content creator bisa meningkatkan minat beli produk para penjual di TikTok Shop, termasuk UMKM.
BACA JUGA:Untungkan Bisnis UMKM, Pakar IT Sebut Integrasi TikTok-Tokopedia Perlu Waktu
BACA JUGA:Tokopedia Gelar Beauty Awards 2023, Masyarakat Juga Bisa Ikuti Voting
Setelah berkolaborasi dengan kreator naungan Creators Lab, sejumlah penjual di Pasar Tanah Abang, misalnya, mengalami peningkatan nilai transaksi rata-rata hampir 9,5 kali lipat.
“Melalui Creators Lab bersama Kemenpar, kami berupaya membekali mahasiswa poltekpar dengan keahlian dalam membuat konten di TikTok, sehingga mereka memiliki modal untuk bersaing di era digital,” terangnya.
Harapannya, setelah ini kami dapat mempertemukan UMKM indikasi geografis di berbagai wilayah pariwisata, dengan kreator muda relevan dari poltekpar, agar mereka bisa berkolaborasi menaikkan pendapatan.