Di Eropa Mobil Listrik Gak Laku, Konsumen Lebih Pilih Mobil Hybrid

Senin 23-12-2024,10:06 WIB
Reporter : Maulana Muhammad
Editor : Maulana Muhammad

Toyota termasuk di antara produsen mobil dengan kinerja terbaik, yakni melonjak 12,4 persen.

China Mulai Ekspor Mobil Hybrid ke Eropa

Produsen otomotif China mulai beramai-ramai ekspor mobil hybrid di Eropa usai berlakunya tarif impor tinggi terhadap mobil listrik asal negeri tirai bambu.

BACA JUGA:Permintaan Mobil Hybrid Tumbuh 49 Persen, Menko Airlangga Hartarto: Tanpa Insentif Penjualan Naik

BACA JUGA:Mobil Hybrid All New Nissan Serena e-Power Garansi Baterai 7 Tahun, Cek Promo Spesial Lainnya dari NMDI

Para produsen juga menargetkan bisa mengekspor lebih banyak model mobil hybrid ke Benua Biru guna mengakali kebijakan tarif impor terhadap mobil listrik buatan China di Eropa.

Mengutip dari Reuters, saat ini Eropa telah memberlakukan tarif impor tinggi terhadap mobil listrik dari China. Hal tersebut ditempuh akbat mobil China kian membanjiri Eropa.

Namun tarif impor ini tak berlaku untuk mobil hybrid. Dengan cara ini, pabrikan ternama China, seperti BYD, membuka peluang baru untuk melakukan ekspansi bisnis di wilayah tersebut, demikian kata para analis.

Tak cuma BYD, pabrikan lain juga mulai melakukan peralihan produksi dan perakitan ke Eropa untuk menurunkan biaya terkait tarif impor tersebut.

BACA JUGA:Innova Zenix Ranking Pertama Penjualan Mobil Hybrid di Juli 2024, Cek Daftar 10 Unit Terlaris Lainnya

BACA JUGA:Pemerintah Tak Keluarkan Insentif, Suzuki di Indonesia Tetap Produksi dan Jual Mobil Hybrid Harga Terjangkau

"Peningkatan ini didorong oleh OEM China yang beralih ke PHEV (plug-in hybrid) sebagai cara untuk menghindari tarif Uni Eropa yang baru untuk impor BEV (mobil listrik bertenaga baterai) dari China," kata Murtuza Ali, seorang analis di Counterpoint Research.

Murtuza memperkirakan ekspor mobil hybrid dari China ke Eropa akan tumbuh 20 persen tahun ini dan bahkan lebih cepat lagi tahun depan.

Adapun Uni Eropa memberlakukan tarif hingga 45,3 persen untuk impor mobil listrik China dan telah berlaku pada akhir Oktober.

Cara ini merupakan upaya untuk melawan subsidi yang dianggap tak adil dan menguntungkan pabrikan China.

Di sisi lain, penjualan mobil di China tengah mengalami perlambatan karena kondisi perekonomian lokal menurun. Alhasil produsen mobil mulai mengalihkan strateginya untuk bertarung di pasar Eropa dengan lebih banyak mobil hybrid.

Kategori :