Tips Cek Kaki-kaki Mobil, Biar Gak Nyesel Kalau Beli Kendaraan Bekas

Senin 14-10-2024,10:30 WIB
Reporter : Maulana Muhammad
Editor : Maulana Muhammad

Sementara dari pelek, Anda bisa memastikan pelek dalam kondisi baik tanpa ada kerusakan seperti peyang atau retak.

Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi ban cadangan, termasuk kelengkapan lainnya seperti dongkrak dan kunci ban. Pastikan semuanya masih lengkap dan dapat berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:Segera Lakukan Penggantian Jika Wiper Mobil Anda Mengalami Hal Berikut, Ini yang Terjadi Bila Diabaikan

BACA JUGA:Ini Dia Mobil Listrik Wuling Terbaru, Berjenis MPV, Dibandrol Cuma Rp 150 Jutaan

2. Per dan Shockbreaker

Pengecekan bisa dimulai dari tampilan mobil saat kondisi diam, apakah normal atau ada kemiringan ke arah tertentu. Jika ada kemiringan, kemungkinan besar per sudah lemah dan perlu diganti dalam waktu dekat.

Untuk lebih mudahnya, bisa lakukan pengukuran jarak ban ke dinding fender atau spakbor. Jika ada perbedaan jarak di keempat sisi, patut dicurigai kondisi suspensinya.

Sementara dari shockbreaker, perlu dicek apakah ada noda kebocoran oli. Jika iya, maka kondisi shockbreaker sudah kurang baik dan perlu diganti dalam waktu dekat.

Sehingga Anda perlu menghindari unit mobil bekas dengan kondisi suspensi mobil seperti ini.

BACA JUGA:Waspada Musim Hujan, Ini 5 Cara Merawat Ban Agar Tetap Aman Saat Berkendara

BACA JUGA:4 Tips Agar Ban Mobil Anda Tetap Awet versi Dunlop, Karena 80 Persen Kecelakaan Karena Faktor Ban

3. Sudut keselarasan roda

Anda juga bisa mengecek sudut keselarasan roda atau wheel alignment, mulai dari sudut camber hingga toe-in atau toe-out. Tanya kepada penjual kapan terakhir melakukan spooring dan balancing.

Cek kembali apakah ada kemiringan yang aneh pada salah satu roda. Jika ada sudut yang tak umum, maka ada yang tak beres pada kondisi suspensi mobil.

Sudut keselarasan roda yang tidak selaras juga bisa menjadi tanda apakah mobil pernah mengalami kecelakaan atau kondisi suspensi dan sasis mobil yang sudah tidak optimal.

Sehingga Anda tak boleh meremehkan kondisi roda dengan sudut keselarasannya. Jika memungkinkan, minta izin untuk lakukan pengecekan pada bengkel kepercayaan.

Kategori :