Selain itu, seiring dengan berkembangnya industri kopi di Indonesia, Tokopedia dan ShopTokopedia pun menghadirkan beberapa inisiatif lainnya untuk mendukung industri kopi lokal sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk kopi.
Salah satunya adalah kampanye Tokopedia Coffee Fest, yang mengusung sejumlah pelaku usaha di industri kopi lokal dari berbagai daerah.
"Tokopedia dan ShopTokopedia juga rutin mengusung kampanye Beli Lokal, yang dapat ditemukan baik di aplikasi Tokopedia maupun ShopTokopedia pada aplikasi TikTok, sehingga UMKM lokal termasuk dari Kabupaten Lahat dan Provinsi Sumatra Selatan, dapat memperluas jangkauan ke seluruh Indonesia," imbuh Hilmi.
Lewat berbagai kolaborasi dan inovasi yang telah dilakukan bersama, tambah dia, Tokopedia dan ShopTokopedia berharap dapat memberikan kontribusi positif terhadap ekosistem UMKM lokal, menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan bisnis, dan pada akhirnya, menjadikan UMKM lokal menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.