Siap-siap Berhemat, Tahun Depan Biaya Haji Bakal Naik Lagi 5 Persen

Kamis 25-07-2024,11:51 WIB
Reporter : Susi Yenuari
Editor : Susi Yenuari

"Untuk (Perkiraan) kalau dalam hitungan kami itu naiknya 5 persen, sekitar Rp 2 juta - Rp 3 juta. Mungkin tahun depan (BPIH) bisa Rp 95 juta atau Rp 96 juta," jelasnya. 

Sementara itu, Ketua Komnas Haji, Mustolih Siradj juga memprediksi BPIH akan bergerak naik. 

Dikatakan, faktor internal atau dalam negeri yang dapat mempengaruhi kenaikan seperti pembiayaan manasik, pembuatan seragam batik bagi jemaah, operasional haji di dalam negeri. 

Termasuk mengenai kelompok bimbingan haji, kontrak penerbangan

BACA JUGA:Pasca Armuzna, Bus Shalawat Kembali Beroperasi Layani Jemaah Haji untuk tawaf Ifadhah di Masjidil Haram

Maka faktor eksternal dipengaruhi oleh situasi ekonomi di Arab Saudi, konstelasi perang di Timur Tengah, kurs mata uang, dan faktor lainnya.

"Nanti tinggal bagaimana biaya yang ditanggung jamaah dan biaya dari nilai manfaat, apakah persentasenya seperti tahun ini 60 % Bipih, 40 % nilai manfaat, atau 70 % Bipih, 30 % nilai manfaatnya," terangnya.

Ditambahkan, ini dilakukan supaya ada keadilan karena nilai manfaat juga haknya jemaah haji tunggu," pungkasnya. 

Untuk pelaksanaan ibadah haji tahun ini telah selesai, sejumlah jemaah haji telah dipulangkan ke tanah air masing-masing. Termasuk jemaah haji asal Indonesia. Pada Senin 22 Juli 2024 merupakan hari terakhir pemulangan jemaah haji Indonesia dari Tanah Suci. 

BACA JUGA:Kondisi Padat, Jemaah Haji Mabit di Muzdalifah, PPIH Terapkan Skema Murur, Berikut Jadwal Lengkapnya

Yakni ditandai kepulangan 316 jemaah haji kelompok terbang (kloter) 30 asal embarkasi Kertajati (KJT-30) dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah, Arab Saudi menuju Bandara Kertajati di Jawa Barat, Indonesia

Kepulangan jemaah kloter KJT-30 yang diangkut menggunakan maskapai Saudia Airlines nomor penerbangan SV-5712. Sehingga sekaligus  menjadi penanda berakhirnya masa operasional layanan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Bandara.

Kepulangan jemaah kloter KJT-30 yang diterbangkan hari ini, Senin, 22 Juli 2024 pukul 01.00 WAS, maka fase pemulangan jemaah haji gelombang II dinyatakan selesai.

"Iya hari ini kepulangan jamaah haji kita yang terakhir sekaligus mengakhiri tugas pelayanan PPIH Arab Saudi Daker Bandara,” kata Kepala Daker Bandara Abdillah di Bandara AMMA Madinah, Senin 22 Juli 2024, dikutip berbagai sumber. 

BACA JUGA:Menteri Agama Sindir Penerbangan Jemaah Haji dari Garuda Indonesia, Secara Umum Pemberangkatan Jemaah Lancar

Dia menjelaskan, kloter KJT-30 ini berisi jamaah haji yang berasal dari berbagai Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, yakni Kabupaten Majalengka, Kuningan, Cirebon, Indramayu, dan Subang.

Kategori :