Wajib Tahu! Ternyata Ada 4 Waktu 'Terlarang' untuk Minum Kopi, Ini Dampaknya untuk Kesehatan

Rabu 19-06-2024,07:27 WIB
Reporter : Susi Yenuari
Editor : Susi Yenuari

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Bagi sebagian orang menenggak satu cangkir kopi dalam sehari tidaklah cukup.

Bahkan, tak sedikit dari mereka mengonsumsi beberapa cangkir kopi di pagi, siang, dan malam hari. Hal ini tidak terlepas dari khasiat kopi itu sendiri.

Sejumlah penelitian memang menyebut kopi memiliki manfaat kesehatan yang beragam, mulai dari meningkatkan kewaspadaan hingga menurunkan tekanan darah.

Beberapa orang juga yakin minum secangkir kopi dapat membuat diri mereka lebih fokus saat bekerja.

BACA JUGA:7 Jus Penghancur Lemak Perut Ampuh dan Mudah Diracik, Perut Buncit Jadi Ramping

Jadi, tidak heran jika kopi menjadi minuman 'favorit' bagi kebanyakan karyawan kantoran.

Meskipun begitu, kopi tidak bisa diminum kapan saja. Pasalnya, ada waktu-waktu tertentu tubuh tidak mampu menerima respons dari kopi dengan baik.

Artinya, seseorang harus memerhatikan waktu yang tepat untuk minum kopi untuk bisa memaksimalkan khasiat dan mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

Lantas, kapan saja waktu 'terlarang' untuk minum kopi tersebut?

BACA JUGA:Catat! Ini 8 Makanan Pengganti Nasi, Cocok untuk Diet demi Pangkas Perut Buncit

1. Setelah bangun tidur

Minum kopi setelah bangun tidur di pagi hari mungkin jadi 'ritual' wajib bagi beberapa orang. Namun, kebiasaan ini sebaiknya dihentikan.

Dikutip dari Prevention, minum kopi beberapa menit setelah bangun tidur bukannya menambah energi, tapi justru bisa memicu kecemasan atau ansietas.

Saat bangun tidur, hormon kortisol dalam tubuh berada pada puncaknya. Hormon ini menyediakan energi bagi tubuh, serta mengatur respons terhadap stres.

Kafein yang terkandung pada kopi dapat meningkatkan jumlah hormon kortisol. Jika jumlah kortisol terlalu tinggi, maka akan membuat seseorang merasa gelisah dan cemas.

Kategori :