Wajib Tahu! Ternyata Ada 4 Waktu 'Terlarang' untuk Minum Kopi, Ini Dampaknya untuk Kesehatan

Rabu 19-06-2024,07:27 WIB
Reporter : Susi Yenuari
Editor : Susi Yenuari

Sebaiknya, tunggu sekitar tiga hingga lima jam setelah bangun tidur untuk mengonsumsi kopi. Jadi jika bangun pukul 06.00, maka waktu terbaik untuk minum kopi adalah pada pukul 09.00-11.00.

BACA JUGA:Apakah Teh Hijau Bisa untuk Diet? Kapan Sebaiknya Diminum?

2. Enam hingga delapan jam sebelum tidur

Tak sedikit orang yang mengonsumsi kopi di sore atau malam hari. Namun, kebiasaan ini bisa berdampak buruk terhadap kesehatan loh.

Pasalnya, tubuh membutuhkan waktu sekitar enam hingga delapan jam untuk bisa memproses kafein.

Jika minum kopi di sore atau mendekati waktu tidur, hal ini dapat mengganggu irama sirkadian dan merusak kualitas tidur.

"Mengonsumsi kafein enam jam sebelum tidur dapat mengurangi waktu tidur hingga satu jam," ujar perwakilan dari Better Sleep Council Terry Cralle, dikutip dari Fortune.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Makanan yang Rendah Karbohidrat dan Lemak, Cocok buat Menu Diet Kamu

3. Saat kurang tidur

Kopi sering dianggap sebagai solusi untuk mengatasi ngantuk akibat kurang tidur.

Namun menurut studi terbaru, orang yang tidur kurang dari lima jam selama tiga malam berturut-turut sebaiknya tidak mengonsumsi kopi.

Sebab, kafein dalam jumlah berapapun tidak bisa mengembalikan fokus dan kewaspadaan pada orang yang sering kurang tidur.

Jika seseorang tidak bisa tidur setidaknya tujuh jam setiap malam, maka sebaiknya melakukan power nap untuk mengembalikan energi yang hilang ketimbang menenggak secangkir kopi.

BACA JUGA:3 Jenis Kopi yang Turunkan Risiko Kematian Dini dan Bikin Panjang Umur, Ini Temuan Risetnya

4. Saat kopi baru diseduh

Menyeruput kopi panas memang nikmat. Namun, mengonsumsi kopi yang baru diseduh ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Kategori :