Wow! Ini 3 Jenis Pesawat Listrik Jadikan Transportasi Udara Ramah Lingkungan

Selasa 05-12-2023,08:59 WIB
Reporter : Yorika Izati
Editor : Maulana Muhammad

3. Pesawat Alpha Electro


Alpha Electro--

Pesawat Pipistrel Alpha Electro merupakan pesawat yang memiliki tenaga listrik, dikembangkan oleh perusahaan Slovenia, Pipistrel. 

Perusahaan Pipistrel miliki Ivo Boscarol ini didirikan pada tahun 1989, dimana sejak saat itu ia menjadi pemimpin dalam mengembangkan pesawat ringan dan bertenaga alternatif.

Pipistrel Alpha Electro sendiri adalah bagian dari seri Alpha Trainer yang dirancang khusu untuk pelatihan penerbangan yang memiliki tenaga listrik dan pertama kali diperkenalkan kepada publik pada tahun 2015.

Memiliki dimensi yaitu Panjang 6,646 m atau 21,81 kaki, Lebar Sayap 10,71 m 35,14 kaki, Tinggi 2,3 m atau 7,5 kaki, dan Berat Maksimum saat Takeoff adalah 550 kg atau 1.213 lbs.

BACA JUGA:Big Skutik Premium New Honda PCX160 Hadir dengan 2 Warna Terbaru

Pesawat ini memiliki Kecepatan maksimum 160 km/jam atau 99 mph dengan Rentang Maksimum 100 km atau 62 mil. Serta pesawat alpha electro memiliki durasi penerbangan maksimum kurang lebih 1 jam.

Menggunakan sistem daya motor listrik yang bertenaga baterai. Dengan sayap tinggi dan menggunakan body pesawat menggunakan  material komposit untuk mereduksi berat dan meningkatkan efisiensi.

Alpha Electro dirancang untuk pelatihan penerbangan dan sebagai pesawat pelatihan yang ramah lingkungan serta hemat biaya. Dimana pesawat ini dilengkapi dengan sistem avionik modern dan alat bantu navigasi.

Itulah 3 pesawat yang dijalankan dan diterbangkan menggunakan bahan bakar tenaga listrik bukan bahan bakar avtur.

 

Kategori :