Wow! Ini 3 Jenis Pesawat Listrik Jadikan Transportasi Udara Ramah Lingkungan

Selasa 05-12-2023,08:59 WIB
Reporter : Yorika Izati
Editor : Maulana Muhammad

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berikut 3 jenis pesawat listrik ramah lingkungan yang menunjukan perkembangan teknologi dibidang transportasi udara semakin meningkat.

Dalam beberapa tahun terakhir, pesawat listrik semakin berkembang dan mendapat perhatian besar karena berpotensi untuk menciptakan transportasi udara yang lebih bersih dan efisien. 

Bukan hanya pesawat untuk pelatihan saja namun juga pesawat komersial, dimana banyak perusahaan terkenal dan perusahaan baru saat ini sedang berlomba untuk membawa revolusi listrik ke dunia penerbangan.

Beberapa pesawat listrik telah dikembangkan dan diujicobakan. Perkembangan ini tentunya terus berlanjut, berikut beberapa contoh pesawat listrik yang telah berhasil dikembangkan dan diujicobakan.

BACA JUGA:Seulawah Hingga Indonesia One, Ini Sejarah Perkembangan Pesawat Kepresidenan RI Dari Masa ke Masa

Dimana hal ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi dibidang penerbangan bukan lagi hanya sekadar wacana, melainkan sebuah realitas yang terus berkembang.

1. Alice eFlyer 


Alice Eflayer--

Pesawat ini dikembangkan oleh perusahaan Israel yaitu Alice Aviation sebuah perusahaan yang didirikan oleh Benny Zeevi seorang  ilmuwan dan insinyur Israel.

Pesawat Alice eFlyer dikenalkan kepada publik pertama kali pada tahun 2017, dimana pesawat ini akan menjadi pesawat bertenaga listrik berkapasitas 9 penumpang dan digunakan untuk penerbangan umum serta regional.

Bahan Bakar yang digunakan adalah tenaga listrik dimana Pesawat ini menggunakan motor listrik untuk propulsi.

BACA JUGA:Minimalis, Ini Spesifikasi Pesawat Kepresidenan RI Indonesia One , Ternyata Ide dari Presiden SBY

Alice eFlyer memiliki rentang penerbangan maksimal hingga ratusan mil tergantung kepada konfigurasi dan kondisi penerbangan.

Untuk Kecepatan Maksimum tentunya pesawat listrik memiliki kecepatan yang lebih rendah dibandingkan dengan pesawat konvensional dengan mesin pembakaran dalam seperti bensin.

Desain dari Pesawat menggunakan material komposit seperti serat karbon untuk meminimalkan berat dan meningkatkan kekuatan pesawat.

Kategori :