Penting Cek Komponen Berikut Ini Jika Beli Motor Listrik Bekas, Simak Cara Mudahnya di Sini

Kamis 21-09-2023,12:01 WIB
Reporter : Maulana Muhammad
Editor : Maulana Muhammad

Cara mengecek kondisi baterai lewat odometer

Sama seperti halnya ketika membeli motor konvensional, odometer kendaraan menjadi salah satu pertimbangan akan masih baik kah kondisi kendaraan tersebut.

Karena dengan menghitung odometer kita dapat menentukan kualitas baterai, sebab memang komponen paling penting dari kendaraan listrik adalah baterai.

Dan seperti diketahui, harga baterai pada motor listrik dapat menyentuh 40 persen dari harga jual kendaraan tersebut. Jadi memang benar-benar harus diperhatikan.

BACA JUGA:Mau Tukar Motor Biasa Jadi Motor Listrik? Cukup Daftar Online Program Konversi Kementrian ESDM, Ini Syaratnya

Namun sebelumnya calon konsumen juga wajib tahu mengenai spesifikasi bawaan dari motor listrik bekas yang hendak dibeli, terutama kemampuan daya jelajahnya.

Karena nantinya data jelajah tersebut akan dikalkulasikan, sehinggah ketemulah apa yang disebut battery cycle (siklus baterai).

Siklus baterai ini bisa dianggap sebagai patokan tentang bagai mana kondisi kesehatan dari baterai motor listrik, prinsipnya semakin tinggi nilai siklus, semakin rendah kesehatannya. 

Sebagai contoh semisal konsumen membeli motor listrik bekas dengan spesifikasi daya jelajah sejauh 50 kilometer, dan angka odometer sudah menyentuh 100.000 kilometer.

BACA JUGA:Update Terbaru, 7 Motor Listrik Murah di Indonesia, Harga Dibawah Rp 10 Juta, Dapat Subsidi Pemerintah

Itu artinya, siklus baterainya bernilai 2.000. karena rumus peghitungan odomater adalah jarak tempuh dibagi dengan daya jelajah.

Tingginya nilai siklus baterai ini dapat mempengaruhi terhadap kualitas  pengisian dan pengeluaran daya yang digunakan motor listrik. 

 

Kategori :