BACA JUGA:Update Terbaru Harga Honda Vario 125 Old, Jadi Skuter Matic Bekas Paling Banyak Dicari Saat Ini
Dari kode ban tersebut kita tinggal mencocokkan nya saja dengan tahun pembuatan sepeda motor.
Jadi kalau ada odometer sepeda motor bekas yang rendah, tapi faktanya sudah beberapa kali mengganti ban bisa dipastikan odometer motor tersebut sudah direset.
2. Karet pada beberapa bagian motor
Salah satu cara lain untuk memastikan sepeda motor bekas sudah direset atau tidak odometernya adalah dengan melihat bagian fisik motor yang terbuat dari karet.
BACA JUGA:12 Skuter Matic Bekas Harga Rp 5 Jutaan, Paling Banyak Dicari di Indonesia
Sperti pada footstep atau yang sering kita sebut pijakan kaki pengendara dan penumpang di belakangnya. Apabila footstep terasa keras saat dipijat bisa dipastikan motor tersebut sudah lama digunakan.
Setidaknya motor bekas yang footstep terasa keras saat dipijat telah menempuh jarak lebh dari 10 ribu kilometer.
3. Handgrip
Selai itu kita juga bisa mengecek handgrip alias pegangan dari stang. Pencet dan rasakan handgrip motor bekas yang hendak dibeli dan periksa kualitas karet dari pegangan stang tersebut.
Bila terasa keras dan halus tidak lagi kasar seperti kulit jeruk, maka bisa dipastikan sepeda motor bekas tersebut telah sering dgunakan dalam waktu yang lama.
BACA JUGA:Deretan Motor Bekas dengan Harga Rp 2 Jutaan, Cocok Buat yang Punya Budget Minim
Jadi pertimbangkan kembali unutk membelinya jika terlihat odomternya masih rendah, pastilah sudah direset oleh si penjual.
4. Cat Pada Baut Mesin Kendaraan
Cara mngecek odometer sudah direset atau asli selanjutnya dapat dilhat dari baut-baut pada mesin yang ada di sepeda motor bekas.
Cat pada baut mesin sepeda motor sangat sukar untuk hilang, dan kalau pun mengelupas, jumlahna sangan sedikit sekali.