Bibir Atas Berkedut, Pertanda Apa Ya? Cek Penyebabnya di Sini

Sabtu 01-07-2023,06:00 WIB
Reporter : Maulana Muhammad
Editor : Maulana Muhammad

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Penahkah kamu mengalami bibir bagian atas berkedut? Kondisi ini biasanya sering dikaitkan dengan mitos pertanda akan datangnya sesuatu yang akan menimka seseorang.

Namun taukah kamu kalau kedutan yang terjadi di bagian atas bibir tersebut lumrah terjadi pada seseorang dan kondisi tersebut dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor.

Bibir atas berkedut dapat disebabkan oleh beberbagai faktor mulai dari efek mengkonsumsi obat-obatan, mengkonsumsi minuman tertentu bahkan dapat juga disebabkan oleh sebuah penyakit.

Berkedutnya bibir bagian ata terjadi karena adanya kontraksi antara otot-otot di bagian wajah atau bibir secara berulang yang tidak dapat di kontrol.

BACA JUGA:Apa Itu Bali Belly? Penyakit yang Sering Dialami Wisatawan Saat Berlibur ke Bali, Ini Cara Mengobatinya

Kondisi ini biasanya akan hilang dengan sendiririnya, namun dalam beberapa kasus perlu penanganan dokter untuk menyembuhkan kedutan pada atas bibir tersebut.

Berikut 12 penyebab terjadinya kondisi bibir atas berkedeut, yang biasanya disebabkan oleh bebrbagai faktor mulai dari kebiasaan sehari-hari hingga penyakit yang diderita seseorang.

1. Banyak mengkonsumsi kopi 

Banyak mengkonsumsi kopi ternyata dapat menimbulkan gangguan pada otot berupa gemetaran dan kedutan jika dikonsumsi secara berlebihan.

BACA JUGA:Stop Mencukur, Ternyata Penting Menjaga dan Merawat Rambut Kemaluan, Simak Penjelasanya di Sini

Kedutan tersebut bukan hanya muncul pada bibir atas saja melainkan dapat muncul pada kaki, tangan, serta wajah. Hal ini karena efek samping dari konsumsi kopi yang berlebihan hingga lebih dari 3 gelas per hari.

Asupat kafein berlebih yang terkandung didalam kopi menyebabkan bibir atas berkedut dengan sendirinya, meski kafein bukan hanya terdapat dalam kopi saja, namun kadar kafein dalam kopi lebih tinggi dari makanan lainnya

2. Mengkonsumsi minuman beralkohol

Bila kamu pengkonsumsi minuman beralkohol biasanya pasti pernah mengalami bibir atas berkedut. Hal ini terjadi karena alkohol dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa saraf di area tubuh, termasuk pada bagian wajah.

BACA JUGA:Bahaya! Merokok Sambil Ngopi Ternyata Tidak Di Anjurkan, Berikut Dampaknya Pada Kesehatan

Kategori :