Ramai Diperdebatkan Gol Kedua Jepang ke Gawang Spanyol Sah Menurut VAR, Ini Penjelasannya

Sabtu 03-12-2022,09:27 WIB
Reporter : Fedri H
Editor : Maulana Muhammad

QATAR, RADAR PALEMBANG - Laga dini hari yang mempertemukan Spanyol kontra Jepang cukup menegangkan, terutama bagi pesaing mereka yang lain di Grup E yaitu Jerman.

Timnas Spanyol dikejutkan dalam laga dengan gol kedua Jepang oleh Ao Tanaka yang menyebabkan kekalahan tim Spanyol pada matchday 3 Grup E Piala Dunia 2022. Kamis tanggal 1 Desember 2022.

Terciptanya Gol kedua Jepang yang mengubah skor menjadi 2-1 itu terjadi pada menit ke 51 lewat lesatan kaki Ao Tanaka.

Namun bukan perihal golnya yang menjadip erdebatan, tetapi posisi bola yang ditendang pemain Jepang Kaoru Mitoma sebelum disontek oleh Ao Tanaka yang menjadi perdebatan.

BACA JUGA:Tekuk Kanada 2-1, Maroko Maju Ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Memang pada awalnya akan sulit untuk menentukan bagaimana tepatnya VAR dapat mencapai keputusan bahwa gol tersebut sehingga disahkan, bahkan dengan penyiar TV global menampilkan potongan gambar yang seperti terlihat menunjukkan bahwa bola tersebut seharusnya tidak bisa dimainkan alias sudah keluar lapangan.

Terlihat dalam gambar bahwa bola tendangan dari Kaoru Mitoma sekilas terlihat sudah melewati garis lapangan saat akan ditendang.

Bagian bawah dari bola yang menyentuh rumput memang kelihatan telah melewati dari garis lapangan tersebut.

Tetapi akhirnya wasit malah mengesahkan gol yang diciptakan oleh Ai Tanaka itu seusai melihat pemeriksaan tayangan rekaman dari VAR.

BACA JUGA:Bermain Imbang 0-0 Hadapi Belgia, Kroasia Dipastikan Lolos Ke Babak 16 Piala Dunia 2022

Lalu berdasarkan hasil dari pengamatan VAR dengan durasi yang cukup lama, akhirnya sang wasit pun mengambil keputusan bahwa bola tersebut belum seluruhnya lewat garis dari tepi lapangan pertandingan.

Kemudian sudut alternatif yang belum dirilis oleh FIFA sehingga tim VAR mengambil kesimpulan bahwa seluruh bola belum benar-benar sepenuhnya keluar lapangan alias masih menggantung di garis.

Hasil keputusan akhir dalam perdebatan dalam pertandingan hari ini ialah sisi tepi dari bola belum seluruhnya melewati garis pinggir lapangan.

Meski gambar memperlihatkan bahwa bola kemungkinan sudah melewati garis lapangan, ada sudut berbeda dalam yang mendukung keputusan itu.

BACA JUGA:Jepang Masuk 16 Besar Pila Dunia 2022 Usai Kalahkan Spanyol 2-1

Kategori :