Cermati Tagihan Listrik, Ketua YLKI Sumsel Ajak Masyarakat jadi Pelanggan yang Cerdas

Cermati Tagihan Listrik, Ketua YLKI Sumsel Ajak Masyarakat jadi Pelanggan yang Cerdas

Ketua YLKI Sumsel Dr. R. M. Taufik Husni, S.H.,M.H., menghimbau agar masyarakat bijak dalam mencermati tagihan listrik pasca diskon tarif listrik 50 persen--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID – Ketua YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) Sumsel Dr. R. M. Taufik Husni, S.H.,M.H., menghimbau agar masyarakat dapat bijak dalam mencermati tagihan listrik pasca selesainya masa diskon tarif listrik 50 persen yang berlaku di bulan Januari-Februari lalu.

Dirinya mengingatkan akan potensi kenaikan tagihan dikarenakan perubahan pola pemakaian selama masa diskon tersebut, ditambah dengan peningkatan pemakaian peralatan listrik selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

"Masyarakat harus mencermati tagihan listrik bulan April ini, bisa jadi terasa naik karena sebelumnya hanya bayar separo. Apalagi selama puasa dan lebaran kemarin, bisa jadi penggunaan alat listrik juga meningkat," ujar Taufik.

Pria yang aktif dalam advokasi konsumen itu juga mengajak agar masyarakat sebagai pelanggan PLN bisa memanfaatkan saluran pelanggan yang disediakan, terutama untuk memudahkan pelanggan dalam mendapatkan layanan serta menyampaikan keluhan ataupun laporan jika terjadi kendala pada kelistrikan di rumahnya.

BACA JUGA:Begini Kisah Srikandi PLN Siaga Sepanjang Arus Mudik & Balik Lebaran

BACA JUGA:PLN Gerak Cepat Pulihkan Listrik Pasca Hujan Badai di Palembang, Layanan Kembali Normal dalam 6 Jam

"Pelanggan bisa gunakan saluran pengaduan atau gunakan aplikasi yang telah disediakan, supaya mudah dalam mendapatkan layanan maupun melaporkan keluhan.

Mari menjadi pelanggan yang cerdas, dan YLKI selalu mendukung agar pelanggan mendapatkan layanan yang terbaik," imbuhnya.

Dilansir dari Kompas.com, bahwa Pemerintah memutuskan untuk tidak mengubah tarif listrik bagi pelanggan subsidi dan nonsubsidi selama bulan April 2025.

Kebijakan tersebut dilakukan untuk menjaga daya beli masyarakat dan daya saing usaha. Sementara, di media sosial sempat muncul beberapa postingan yang mengeluhkan terjadinya kenaikan tagihan listriknya.

BACA JUGA:H-5 Idul Fitri, Manajemen PLN S2JB Perkuat dukungan ke Petugas Posko Siaga Hingga Lakukan Inspeksi SPKLU

BACA JUGA:Tips PLN Amankan Listrik Rumah Saat Mudik Lebaran 2025

Menanggapi hal tersebut, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (S2JB) mengajak masyarakat cermat dalam mengelola pemakaian listrik agar tagihan listrik dapat terkontrol dengan baik.

Salah satu solusi dalam mengelola tagihan listrik adalah dengan memanfaatkan fitur-fitur aplikasi PLN Mobile. Pelanggan PLN dapat langsung mengecek jumlah pemakaian listrik dan besaran tagihan di Riwayat Penggunaan listrik pada aplikasi PLN Mobile.

Sumber: