Tingkatkan Layanan dan Kenyamanan, KAI Hadirkan Inovasi Baru Fitur Layanan Khusus Perempuan di Access by KAI

KAI menghadirkan fitur terbaru pada proses pemilihan seat di aplikasi Access by KAI yang memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang perempuan.-dok kai-
PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus berinovasi untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang.
Kali ini, KAI menghadirkan fitur terbaru pada proses pemilihan seat di aplikasi Access by KAI yang memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang perempuan.
Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan bahwa kehadiran fitur ini merupakan salah satu upaya KAI dalam memperhatikan kebutuhan pelanggan perempuan.
"Dengan adanya fitur ini, penumpang perempuan dapat merasa lebih nyaman selama perjalanan. Kami berharap inovasi ini dapat meningkatkan rasa aman dan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan," ujar Aida.
Fitur ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi penumpang perempuan. Dengan lebih dari 7.633.584 downloader dan 7.317.566 pengguna aktif aplikasi Access by KAI pada tahun 2024, KAI berkomitmen menghadirkan layanan yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan.
"Sebelumnya, proses pemilihan seat belum memberikan kemudahan bagi penumpang perempuan yang ingin duduk bersebelahan dengan sesama perempuan," jelas Aida.
Tidak hanya di Access by KAI, bagi pelanggan yang memesan tiket di loket stasiun pun juga bisa meminta kepada petugas jika ingin duduk bersebelahan dengan sesama perempuan. Inovasi ini mencerminkan komitmen KAI dalam meningkatkan kualitas layanan dan memberikan rasa aman bagi seluruh pelanggan.
Fitur ini hanya dapat digunakan oleh member Access yang memesan tiket untuk penumpang perempuan dan berlaku untuk semua KA Antar Kota. Jika dalam satu pemesanan terdapat penumpang laki-laki, fitur ini tidak akan ditampilkan. Meskipun demikian, KAI tetap memastikan perlindungan data pribadi pelanggan sesuai kebijakan yang berlaku.
"Sebagai bentuk komitmen terhadap kenyamanan pelanggan, KAI terus menghadirkan inovasi berbasis teknologi untuk meningkatkan pengalaman perjalanan yang lebih aman dan nyaman. KAI juga akan memantau pelaksanaan fitur ini serta mengumpulkan masukan dari pelanggan guna penyempurnaan layanan di masa mendatang," ungkap Aida.
Untuk update penjualan tiket KA Lebaran, sampai hari ini Sabtu (22/3/2025) tercatat di Divre III Palembang 65.070 tiket sudah terjual atau sekitar 98% dari jumlah tempat duduk yang disediakan sebanyak 66.088 seat.
Jumlah ketersediaan seat ini meningkat sejak masa angkutan Lebaran Idul Fitri 2025 dimulai yakni pada Jumat 21 Maret 2025 dengan adanya penambahan 1 kereta eksekutif pada rangkaian KA Komersial Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau (pp) dan 1 kereta ekonomi pada rangkaian KA Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau (pp).
KAI Divre III Palembang mencatat, penjualan tiket tertinggi di tanggal 28 Maret 2025 atau H-3 Lebaran yang juga diperkirakan sebagai puncak arus mudik Lebaran dengan prosentase penjualan tiket sebesar 117%.
Sumber: