8 Komponen Mobil Matic yang Mudah Rusak

 8 Komponen Mobil Matic yang Mudah Rusak

Setidaknya ada 8 komponen mobil matic yang mudah rusak. Hal ini menjadi catatan penting agar bisa mempertahankan umur kendaraan.--

Apabila Anda tidak ingin komponen mobil matic ini rusak, maka sebaiknya periksa tekanan angin ban secara rutin. Jangan lupa untuk melakukan rotasi ban setiap 10.000 kilometer.

BACA JUGA:Simak Yuk! Tips Memilih Mobil Pertama untuk Pasangan Baru, Nomor Lima Jadi Poin Penting

Anda juga wajib melakukan spooring and balancing maksimal enam bulan sekali. Jika ban sudah aus, halus dan bahkan muncul retakan, jangan ragu untuk ganti ban Anda.

5. Kampas Kopling

Pada mobil matic, kampas kopling berada di dalam transmisi otomatis dan berfungsi untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda. Jika kampas kopling aus, Anda mungkin merasakan slip saat akselerasi.

Biasanya kerusakan terjadi karena pemakaian yang berlebihan. Misalnya Anda sering berhenti mendadak dan berada dalam kemacetan.

BACA JUGA:Tips Bersihkan Lampu Mika Mobil yang Kusam, Ini Cara Mudah Tanpa Ribet dan Ekonomis

Selain itu, bisa juga karena oli transmisi yang tidak cukup dan umur pakai kampas yang sudah lama. Maka dari itu, Anda wajib memperhatikan oli transmisi pada mobil. Gunakan yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan.

Untuk memeriksa kondisi kampas kopling, selalu sediakan waktu untuk servis rutin. Anda juga wajib berkendara dengan benar dengan tidak melakukan akselerasi mendadak.

6. Gigi Mobil

Gigi mobil pada transmisi otomatis memiliki peran penting dalam mengatur perpindahan tenaga. Jika gigi mobil aus atau rusak, perpindahan gigi menjadi tidak lancar dan mobil kehilangan performa.

BACA JUGA:5 Tips Jitu Pilih Mobil Baru di Pameran Otomotif, Ikuti Panduan Berikut Ini

Penyebab kerusakan pada gigi mobil, antara lain:

Penggunaan oli transmisi yang tidak sesuai;

Kebiasaan mengganti gigi dengan kasar;

Sumber: