KAI Divre III Palembang Laksanakan Apel Gelar Pasukan, Posko Angkutan Nataru 2024/2025 Dimulai

KAI Divre III Palembang Laksanakan Apel Gelar Pasukan, Posko Angkutan Nataru 2024/2025 Dimulai

PT KAI Divre III Palembang mengelar apel pasukan tanda dimulainya posko angkutan Nataru 2024/2025.--dokumen/radarpalembang.com

BACA JUGA:Mudik Nataru, PLN UP3 Jambi Hadirkan 9 SPKLU untuk Pemudik Berkendaraan Listrik

Selain itu, KAI Divre III Palembang juga menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS) berupa batu balast, bantalan, rel, pasir, H-Beam dan material lainnya yang tersebar di 23 titik di wilayah operasional Divre III Palembang.

Sebagai langkah pengamanan bagi para pengguna jasa kereta api, KAI Divre III Palembang juga menyiapkan total 388 petugas pengamanan dari unsur internal dan eksternal perusahaan.

Dengan rincian 46 personel Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), 306 personel Security, dan 36 personel tambahan dari unsur TNI/Polri.

Ratusan petugas pengamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, serta melaksanakan patroli mobile sepanjang lintas jalur KA yang rawan tindak kejahatan maupun vandalisme.

BACA JUGA:KAI Divre III Palembang Tingkatkan Akses Layanan Kesehatan melalui Klinik Mediska untuk Pegawai dan Masyarakat

Januri menegaskan, keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api menjadi prioritas utama. KAI Divre III Palembang terus melakukan pengecekan secara berkala terhadap daerah rawan bencana, proaktif dalam penyelesaian potensi bahaya.

Kemudian memastikan ketersediaan dan keandalan dari seluruh perangkat penanganan kondisi darurat, serta meningkatkan penjagaan di perlintasan sebidang dengan berkoordinasi aktif serta mengoptimalkan seluruh stakeholders termasuk masyarakat sekitar.

Selain itu, KAI Divre III Palembang bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan juga telah melakukan Ramp Check atau pemeriksaan kelaikan dan kesiapoperasian lokomotif dan kereta untuk memastikan sarana kereta api dalam kondisi prima. 

Dari sisi pelayanan, KAI Divre III Palembang memastikan fasilitas di stasiun dan dalam kereta terjaga dengan baik. Ruang tunggu, toilet, dan area lainnya terus dibersihkan secara berkala untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan.

BACA JUGA:KAI Divre III Palembang Komitmen Atas Penyelesaian dan Pengelolaan Aset Negara

Sebagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungan, KAI Divre III Palembang terus mendukung inisiatif ramah lingkungan.

Selama Nataru ini, KAI telah menghadirkan berbagai program keberlanjutan, seperti penyediaan air minum gratis di stasiun Kertapati, penggantian bantalan kayu pada jembatan baja dengan bantalan sintetis.

Dan penggunaan alat makan berbahan kayu (wooden cutlery) pada layanan makan di atas kereta.

Sebagai bagian dari peningkatan pelayanan dan mengakomodir antusias para pelanggan KA, selama Nataru ini KAI Divre III Palembang menambahkan 1 kereta eksekutif (K1) pada KA Sindang Marga (S3 dan S4) relasi Stasiun Kertapati-Lubuklinggau.

Sumber: