Prodi Psikologi UBD Gelar Seminar dan Diskusi Panel

Prodi Psikologi UBD Gelar Seminar dan Diskusi Panel

Program Studi Psikologi dan Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Bina Darma sukses menyelenggarakan Seminar Internasional dan Diskusi Panel pada hari Jumat, 25 Oktober 2024, di Aula Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M.Sc, Lantai 6. -dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.IDProgram Studi Psikologi dan Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Bina Darma sukses menyelenggarakan Seminar Internasional dan Diskusi Panel pada hari Jumat, 25 Oktober 2024, di Aula Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M.Sc, Lantai 6. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Dies Natalis Program Studi Psikologi yang ke-22.

Seminar mengusung tema "Kesehatan Mental di Generasi Muda: Peran Komunitas dan Dukungan Psikososial di Era Society 5.0", 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai isu kesehatan mental di kalangan generasi muda. 

BACA JUGA:Masayu Siti Fatimah, Mahasiswa UBD Sabet Juara II Duta GDI 2024, Ini Tantangan yang Ia Lewati

Diharapkan, melalui acara ini, Program Studi Psikologi dapat berkembang dan menciptakan lulusan-lulusan yang mampu membawa perubahan positif demi masa depan bangsa.

Acara dibuka oleh Nuzsep Almigo, M.Si., Ph.D, Dekan Fakultas Sosial Humaniora, yang memberikan sambutan hangat dan harapan untuk kesuksesan acara. 

Seminar dimulai dengan presentasi pertama dari Gini Toponindro, S.Pd., M.Si yang diwakilkan oleh Luksor Pratama, M.Si., membahas peran penyuluh sosial ahli muda dalam menangani kasus-kasus yang berkaitan dengan kesehatan mental. 

Selanjutnya, Mohammad Asmadi bin Bohri, seorang mahasiswa dari UPSI Malaysia, membawakan materi dan berbagi pengalaman mengenai Kesehatan Mental Mahasiswa pada Komunitas Mahasiswa Kolej Ongku Umar  Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia.

BACA JUGA:Suci Prestika, Mahasiswa UBD Raih Juara 1 Duta GDI 2024

Diskusi panel yang diadakan setelah seminar menghadirkan tiga narasumber mahasiswa yang handal, Marisa Anggraeni  (Universitas Bina Darma), Zaidi Naufal  (UIN Raden Fatah) dan Mithiah Anis Atsilah (Universitas Sriwijaya).

Diskusi yang dipandu oleh moderator Intan Asharin Hidayati ini membahas lebih dalam tentang peran komunitas dan dukungan psikososial, serta tantangan yang dihadapi generasi muda di era Society 5.0.

Kegiatan ini tidak hanya berhenti di seminar internasional, tetapi dilanjutkan dengan acara "Psychofest" pada hari kedua, yang dirancang untuk lebih memacu kreativitas dan prestasi mahasiswa serta meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dikhususkan untuk mahasiswa psikologi untuk menumbuh kembangkan kreativitas dan semangat psikologi." Ujar Dr. Itryah S.Psi. MA, Ketua Program studi Psikologi Universitas Bina Darma.

Sumber: