Sering tidak Disadari, Ini Penyebab Mobil Boros BBM

Sering tidak Disadari, Ini Penyebab Mobil Boros BBM

Penyebab mobil boros BBM yang sangat umum terjadi, pengendara menunda melakukan servis.-suzuki indonesia -

BACA JUGA:7 Tips Beli Mobil SUV, yang Terakhir Paling Penting, Kalau Gak Punya Bisa Gak Jadi Beli

Jarak rata-rata setiap mobil untuk ganti oli adalah sekitar 5.000 km. Apabila melewati jarak tersebut, maka akan bisa mengakibatkan penurunan kualitas pada oli.

Dampaknya adalah berkurangnya kinerja mesin dan menyebabkan bensin menjadi boros.

Terjadi masalah pada ban

Apakah Anda sudah menggunakan ban yang tepat untuk mobil? Beberapa mobil yang dimodifikasi mungkin saja menggunakan ukuran ban yang lebih besar. Justru hal ini adalah sebuah masalah yang Anda ciptakan.

BACA JUGA:Simak, Ini Tips Terhindar dari Insiden Pecah Ban Mobil Saat Berkendara

Efeknya adalah beban gesek pada ban dan bobotnya akan bertambah. Laju mobil otomatis akan terhambat dan sudah pasti akan boros bensin. Jadi pastikan bahwa ukuran ban yang digunakan sudah standar.

Selain ukuran ban yang besar, masalah lain pada ban adalah tetap menggunakan ban kempes atau yang sudah gundul. Ban yang sudah botak juga meningkatkan gesekan dengan aspal.

Daya putar dan beban mesin tidak seimbang sehingga mengakibatkan bahan bakar yang dibutuhkan lebih banyak.

Hal yang sama juga terjadi ketika Anda masih menggunakan ban kempes, sehingga tenaga yang dibutuhkan untuk berjalan menjadi besar dan mengakibatkan bensin pun boros.

BACA JUGA:Tips Aman Saat Test Drive Mobil di Pameran Otomotif, Simak Yuk!

Filter bensin yang kotor

Penyebab bensin mobil boros yang selanjutnya adalah karena filter bensin kotor. Masalah ini juga sering terjadi karena telat melakukan servis seperti halnya dengan mengganti oli.

Padahal filter bensin adalah bagian yang wajib dibersihkan tepat waktu.

Filter bensin harus rutin dibersihkan dan wajib diganti setiap 30 ribu hingga 40 ribu kilometer. Tujuan dari pembersihan dan penggantiannya adalah agar bensin yang digunakan ke ruang bakar selalu bersih.

Sumber: