Blondo, Bikin Gudeg Bang Aping Terasa Legit di Lidah, Ini Keistimewaannya

Blondo, Bikin Gudeg Bang Aping Terasa Legit di Lidah, Ini Keistimewaannya

Blondo menjadi kunci kelezatan gudeg, makanan khas Yogyakarta, yang ditawarkan tempat kuliner Soto & Gudeg Bang Aping Palembang.-henny/radarpalembang.id-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.IDBlondo menjadi kunci kelezatan gudeg, makanan khas Yogyakarta, yang ditawarkan tempat kuliner Soto & gudeg Bang Aping yang berlokasi di Jalan Hang Jebat Palembang (eks Kepiting Siru).

Blondo sendiri merupakan umak atau induk santan hasil pengolahan ampas dari santan yang dimasak hingga mengeluarkan minyak berbentuk gumpalan-gumpalan kecil, di mana pengolahannya membutuhkan waktu berjam-jam.

“Blondo ini yang bikin rasa gudeg jadi sempurna. Gudeg ketika akan disajikan disiram dulu dengan blondo. Ini istimewanya gudeg kita,” ujar Eko Muniarti, pemilik Soto & Gudeg Bang Aping kemarin.

Tak tanggung, blondo ini langsung didatangkan dari Yogyakarta sehingga penyajian gudeg lebih memikat lidah.

BACA JUGA:Tak Hanya Autentik Minang, Dapur Neka Sedia Menu Berkuah ala Nusantara, Enak dan Segar

“Tidak hanya blondo, kita juga kirim langsung krecek dan gula jawa dari Yogya,” imbuhnya.

Meski diakuinya, pengiriman bahan langsung dari Yogya ini mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, namun untuk menyuguhkan gudeg yang nikmat dan berkualitas, hal ini tidak menjadi masalah.

Tidak heran, sejak dibuka 29 Juli 2024 lalu, tempat makan ini sudah memiliki pelanggan setia.

Alhamdulillah, banyak yang beli terus balik lagi, bahkan mereka  bawa teman juga buat makan di sini,” katanya.

BACA JUGA:Wow, Makan di Gokana Ramen & Teppan dapat Hadiah Senilai Total Rp1 Miliar

Sementara untuk harga, nasi gudeg dibanderol Rp10.000 per porsi. Untuk penambahan lauk seperti telur bebek semur, telur puyuh, krecek, tempe bacem, ayam opor, oseng mercon, telur krispi, bakwan, dan lainnya yang dibanderol mulai dari Rp2.000.

Selain gudeg olahan resep turun menurun, tempat dengan jam operasional mulai pukul 8.00 - 21.30 WIB ini juga menyediakan soto kuah susu yang gurih dan legit di mulut.

“Kita pakai kuah susu karena konsumen kita kan kebanyakan berusia 40 tahun ke atas, jadi susu ini pengganti santan, lebih sehat,” jelasnya.

Dengan isian daging has yang lembut di setiap gigitan, ditambah kentang, wortel, taburan daun bawang, soto yang dibanderol dengan harga Rp35.000 lengkap dengan nasi ini bakal bikin ketagihan. 

Sumber: