Deteksi Dini, Dinas Kesehatan Palembang Periksa Kesehatan Mahasiswa dan Staf UBD

Deteksi Dini, Dinas Kesehatan Palembang Periksa Kesehatan Mahasiswa dan Staf UBD

Dinas Kesehatan Kota Palembang melaksanakan program pemeriksaan kesehatan gratis bagi civitas Universitas Bina Darma.-dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID – Dinas Kesehatan Kota Palembang melaksanakan program pemeriksaan Kesehatan gratis bagi civitas Universitas Bina Darma. Kegiatan berlangsung di Gedung BR1 Universitas Bina Darma dan melibatkan Puskesmas OPI serta Puskesmas Pembina, 20 September 2024.

Dalam kesempatan ini, mahasiswa dan staf Universitas Bina Darma berkesempatan untuk melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan, termasuk pemeriksaan penyakit menular, gula darah, serta pengukuran tinggi badan, berat badan, dan tensi darah. 

Kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi secara dini potensi risiko kesehatan yang mungkin dihadapi oleh masyarakat.

Rama Dewi, SKM, M.Kes, Penanggung Jawab Program Usia Produktif Skrining Penyakit Dalam, menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari program rutin yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah. 

BACA JUGA:Kunjungan UBD ke Universitas Terbuka, Komitmen untuk Pengembangan Metode Pembelajaran Online

“Kami berada di bawah Kemenkes yang memiliki program deteksi dini. Kami juga berterima kasih kepada Universitas Bina Darma yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ini,” ujarnya 

Pemeriksaan gula darah menjadi salah satu fokus utama, di mana hasilnya dapat membantu mendeteksi risiko penyakit kencing manis. 

"Kami ingin mencari faktor risiko yang ada dan memberikan informasi yang berguna bagi masyarakat,” tambah Rama Dewi.

Universitas Bina Darma mengapresiasi kegiatan ini sebagai langkah positif dalam menjaga kesehatan civitas akademika. Dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis ini, diharapkan semua peserta dapat lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan melakukan pemeriksaan secara rutin.

BACA JUGA:Vivi, Mahasiswa UBD Sabet Juara Harapan III Pemilihan Bujang Gadis Ogan Ilir 2024

Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat kesehatan, tetapi juga memperkuat sinergi antara institusi pendidikan dan Dinas Kesehatan dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. 

Semoga kegiatan pemeriksaan kesehatan ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi seluruh civitas Universitas Bina Darma.

Sumber: