Tarikan Motor Matic Kamu Berat? Mungkin Ini Penyebabnya, Sering Bergetar saat Digas

Tarikan Motor Matic Kamu Berat? Mungkin Ini Penyebabnya, Sering Bergetar saat Digas

Berikut penyebab tarikan motor matic menajadi berat dan sering bergetar saat digas--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID - Berikut penyebab tarikan motor matic menajadi berat dan sering bergetar saat digas.

Mungkin kamu pernah mengalami atau bahkan masih mengalami tarikan motor matic berat dan bergetar saat digas. Hal tersebut biasanya terjadi akbat masalah pada sistem akselerasi. pada area CVT (Continuous Variable Transmission).

Namun faktanya masalah tersebut bukan bukan hanya disebabkan CVT, melainkan penyebab lain, seperti kesalahan penggunaan oli, masalah pada kampas kopling, maupun pada busi.

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber tentang beberapa penyebab motor matic tarikan berat dan bergetar saat digas, lengkap dengan solusi penanganannya.

BACA JUGA:Pasar Otomotif Turun, Mazda Yakin Target 5.300 Unit Tercapai, Realisasi Penjualan 3.700 Unit, Ini Alasannya

BACA JUGA:Honda N7X Camping Ground di Kota Palembang Hadirkan Keceriaan Bagi Pengunjung

1. Rumah CVT Kotor

Penyebab tarikan motor berat dan bergetar saat digas, pertama adalah rumah (housing) CVT yang kotor. Kotoran ini bisa menghambat kinerja komponen transmisi, bahkan bisa merambat ke pulley dan kopling.

Solusinya adalah dengan membersihkan CVT, setidaknya dilakukan 3-4 bulan sekali. Sebelum membersihkan, petugas akan membongkar CVT dan memeriksanya.

2. Kesalahan Pemasangan Spacer

Adanya kesalahan pemasangan spacer juga bisa menjadi penyebab tarikan berat dan bergetar. Spacer berfungsi sebagai poros antara sliding/variable sheave dan fixed sheave sehingga sliding sheave bisa berputar secara imersif dan lembut seiring weight roller menarik v-belt.

BACA JUGA:Spesifikasi Honda ADV 160 CBS dan ABS, Berikut Harga OTR Palembang per September 2024 dari Astra Motor Sumsel

BACA JUGA:Astra Motor Sumsel Bagikan 5 Tips Penting Agar Honda BeAT Terjaga Performanya dan Irit Konsumsi BBM

Kesalahan yang biasa terjadi adalah spacer dipasang secara tidak tepat. Akibatnya, putaran pada sliding atau variable sheave terasa kasar, sehingga timbul getaran saat gas ditarik.

Sumber: