Bandara SMB II Pasang Thermal Scanner, Antisipasi Penyebaran Cacar Monyet di Sumsel

Bandara SMB II Pasang  Thermal Scanner, Antisipasi Penyebaran Cacar Monyet di Sumsel

Bandara SMB II memasang Thermal scanner sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus Cacar Monyet atau monkey pox (Mpox) ke Sumsel--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID  - Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II memasang Thermal scanner sebagai bentuk antisipasi penyerbaran virus Cacar Monyet atau monkey pox (Mpox) ke Sumatera Selatan (Sumsel).

Pemasangan alat Thermal scanner di Bandara SMB II tersebut sebagai langkah antisipasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel pasca merebaknya kasus cacar monyet atau monkey pox (Mpox).

"Dari aspek pengawasan kami sudah cek kemarin di Bandara SMB II, thermal suhu sudah mulai diaktifkan untuk mengecek penumpang yang masuk ke Sumsel.

Itu yang paling mendasar upaya pencegahan yang kita lakukan," ujar Pj Gubernur Sumsel, Elen Setiadi, Rabu, 4 September 2024.

BACA JUGA:Satu Warga Palembang Diduga Terjangkit Cacar Monyet, Pemprov Sumsel Minta Kabupaten-Kota Waspada

BACA JUGA:Dinkes Prabumulih Terus Pantau Penyebaran Cacar Monyet, Bentuk Kewaspadaan dan Antisipasi

Elen menilai, ada untungnya bahwa Bandara SMB II dicabut status internasionalnya, sehingga upaya pencegahan warga negara asing (WNA) masuk Sumsel dan menyebarkan penyakit bisa diminimalisir.

"Ada untungnya juga bahwa bandara kita tidak internasional karena penyakit itu kebanyakan berasal dari luar negeri, termasuk dari Australia juga.

Jadi kalau pun masuk Sumsel, filternya sudah dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta dan bandara internasional lainnya," katanya.

Dia menyebut, belum ada laporan masuk ke Sumsel terkait Mpox. Selain kontrol dari pintu masuk, Pemprov Sumsel sudah melaksanakan peningkatan kewaspadaan sejak 2 pekan terakhir menindaklanjuti surat edaran dari Kemenkes.

BACA JUGA:Meski Sudah Vaksin, Ternak Sapi di PALI Masih Kena Cacar Kulit

BACA JUGA:Cacar Monyet Merebak, Kadinkes PALI: Kenali Gejalanya

"Kita sekitar 2 pekan lalu sudah Ratas dengan Dinkes menindaklanjuti arahan presiden dan surat edaran Kemenkes dan pejabat terkait untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap monkey pox," jelasnya.

Menurut Elen, pasca Covid-19, masyarakat sudah bisa adaptasi penyebaran virus dan penyakit. Kewaspadaan dan pencegahan terhadap Mpox ini disebutnya sama seperti wabah Covid-19 terjadi.

Sumber: