Kini Mengenal Pusri Lebih Seru, Melalui Virtual Reality

Kini Mengenal Pusri Lebih Seru, Melalui Virtual Reality

PT Pusri Palembang yang merupakan anggota holding dari PT Pupuk Indonesia (Persero) laksanakan Launching Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) di Auditorium Musi Diklat pada 22 Juli 2024.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – PT Pusri Palembang yang merupakan anggota holding dari PT Pupuk Indonesia (Persero) laksanakan Launching Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) di Auditorium Musi Diklat pada 22 Juli 2024.

Langkah PT Pusri Palembang sebagai salah satu upaya digital transformation khususnya dalam bidang pembelajaran di lingkungan perusahaan.

Saat ini teknologi VR & AR memegang peranan penting dalam dunia metaverse. 

Keduanya memiliki perbedaan mendasar, yaitu Augmented Reality mensimulasikan objek buatan di lingkungan nyata. 

BACA JUGA:Pusri Raih Penghargaan Nusantara CSR Award 2024

Sementara Virtual Reality sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan lingkungan hasil simulasi komputer, lingkungan sungguhan di dunia nyata atau lingkungan fiktif hasil imajinasi.

Dengan teknologi AR & VR ini, Pusri berupaya menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif, menarik dan efektif. 

Serta kedepannya diharapkan dapat membantu karyawan dan tamu perusahaan memahami tentang profil Pusri dengan lebih mudah.

"Kami menghadirkan media pembelajaran yang baru di Pusri dengan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality,"kata SVP SDM, Nuril Huda. 

BACA JUGA:Dorong UMKM Naik Kelas, Mitra Binaan Pusri Ikuti PaDi UMKM Hybrid Expo and CONFERENCE 2024

"Dengan pengalaman visual yang menarik, memungkinkan visualisasi objek dan konsep pembelajaran lebih realistis atau didukung dengan animasi yang menjelaskan konsep secara visual," ungkap Nuril Huda. 

AR/VR Pusri memiliki 5  core module utama yaitu, first aid, firefighter, safety patrol, plant tour, Distributed Control System (DCS) 3D Pusri 2B. 

Sementara untuk perspektif audience dibagi menjadi dua yaitu perspektif karyawan untuk pelatihan dan perspektif tamu yaitu untuk pengenalan Pusri.

Sebagai salah satu contoh pada salah satu core modul yaitu pelatihan jika terjadi kecelakaan kerja, maka karyawan bisa mencoba simulasi kejadian tersebut tanpa harus menunggu kecelakaan real di lapangan ataupun harus melaksanakan simulasi langsung di lapangan.

Sumber: