4 Pemda Dikumpulkan, BPJS Kesehatan Sosialisasi Program dan Agen PESIAR, Target JKN Tembus 98 Persen

4 Pemda Dikumpulkan, BPJS Kesehatan Sosialisasi Program dan Agen PESIAR, Target JKN Tembus 98 Persen

BPJS Kesehatan Cabang Palembang menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Program Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (PESIAR).--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - BPJS Kesehatan Cabang Palembang menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Program Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (PESIAR).

Kegiatan sosialisasi PESIAR kepada Dinas PMD kabupaten Banyuasin, Muba, Ogan Ilir dan OKI serta 21 kepala desa dan agen PESIAR yang telah ditunjuk oleh kepala desa, akhir April lalu.

PPS  Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palembang, Juliansyah mengatakan melalui program tersebut BPJS Kesehatan bersinergi dengan desa/kelurahan dan Agen PESIAR.

BPJS Kesehatan, agen PESIAR dan desa melakukan advokasi dan memastikan masyarakat yang belum terlindungi Program JKN untuk mendaftarkan dirinya dan keluarganya dalam program jaminan kesehatan sosial tersebut.

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Pastikan Berikan Layanan JKN Selama Libur Lebaran

Program ini dihadirkan untuk mengakselerasi proses rekrutmen peserta dan meningkatkan keterlibatan aktif dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Program PESIAR melibatkan perangkat daerah setempat guna mencapai target minimal 98 persen penduduk sebagai peserta JKN," kata Anca.

Anca mengungkapkan Program PESIAR yang diinisiasi oleh BPJS Kesehatan merupakan suatu kegiatan pemasaran sosial terencana dalam rangka rekrutmen peserta.

"Sosialisasi ini juga meningkatkan keaktifan peserta JKN yang dilakukan bekerja sama dengan pihak ketiga bernama Agen PESIAR,"jelas dia. 

BACA JUGA:Optimalisasi JKN, BPJS Kesehatan Sambangi KPU Palembang, Pastikan Petugas Pemilu Skrining Kesehatan

Agen PESIAR yang ditugaskan sesuai rekomendasi perangkat daerah setempat. 

Agen PESIAR tersebut nantinya akan melakukan sosialisasi, advokasi dan registrasi kepada warga serta pelaku usaha mikro yang ada di desanya tersebut. 

Anca berharap dengan keberadaan Agen PESIAR tersebut, masyarakat lebih cepat terdata dan terdaftar sebagai peserta JKN aktif sehingga dapat turut meningkatkan kualitas kesehatan warga desa sesuai SDGs Desa Sehat dan Sejahtera.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kepala desa beserta perangkatnya atas dukungan aktif kepada Program JKN, khususnya Program PESIAR," ungkap dia.

Sumber: