Survei Indomatrik: Popularitas Cagub Herman Deru Unggul Dari Kandidat Lain

Survei Indomatrik: Popularitas Cagub Herman Deru Unggul Dari Kandidat Lain

Berdasarkan hasil survei indomatrik popularitas calon gubernur petahana Herman Deru lebih unggul dibandingkan Kandidat lainnya--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berdasarkan hasil survei indomatrik terhadap calon gubernur yang akan bertarung pada November mendatang, popularitas calon gubernur petahana Herman Deru lebih unggul dibandingkan Kandidat lainnya.

Direktur Eksekutif Indomatrik Husin Yazid mengatakan survei mengambil dua instrumen meliputi tingkat kepopuleran dan kesukaan serta karakteristik bacagub di mata publik.

"Pelaksanaan survei memasukkan sekitar 7 nama nama yang sering menjadi buah bibir dan muncul di permukaan, yakni Herman Deru (incumbent Gubernur), Mawardi Yahya (Incumbent Wakil Gubernur), Eddy Santana Putra (mantan walikota palembang), Heri Amalindo (Bupati Pali), Joncik Muhammad (Bupati Empat Lawang), Ishak Mekki (Mantan Wagub Sumsel), Tantowi Yahya,"kata Husin Yazid, Jumat 12 april 2024.

Survei menunjukkan, perolehan sangat ketat di 17 kabupaten/Kota, dimana bacagub Herman Deru mendapat simpati/keterkenalan sekitar 96,35 persen, kemudian disusul diikuti Eddy Santana Putra 94,75 persen, Mawardi Yahya 91,58 persen, Heri Amalindo 87,55 persen, Joncik Muhammad 84,54 persen, Ishak Mekki 84,37 persen, Tantowi Yahya 75,65 persen.

BACA JUGA:Kader Gerindra Palembang Nilai Ratu Dewa dan Prima Salam Punya Kemistri di Pilkada

"Menariknya persaingan sengit dan ketat, di mana ada empat bacgub yakni Herman Deru (incumbent Gubernur), Mawardi Yahya (Incumbent Wakil Gubernur), Eddy Santana Putra (mantan walikota palembang), Heri Amalindo (Bupati Pali),"ujarnya.

Diperkirakan persaingan ini akan terus melaju dan di antara bacalongub tersebut setelah mendapat dukungan dari partai yang akan mengusungnya masing masing.

"Di perkuat lagi dengan bakal calon wakil gubernur yang akan mendampinginya, akan semakin memperkuat posisi dalam menuju pemenangan pada perhelatan pilgub sumsel 27 November 2024 nanti,"ujar Husin.

Ketertarikan masyarakat terhadap para bacagub sumsel juga terlihat pada instrumen kesukaannya. Dimana Herman Deru mendapat kesukaan publik sekitar 55,88 persen, diikuti di posisi kedua Mawardi Yahya 47,38 persen, Eddy Santana Putra 45,79 persen Heri Amalindo 43,78 persen, Joncik Muhammad 42,27 persen, Ishak Mekki 42,19 persen, Tantowi Yahya 37,83 persen.

BACA JUGA:Pilgub Sumsel 2024, Pengamat: Era Kampanye Hitam Sudah Habis, Kepuasan atas Kinerja Jadi Penentu Kemenangan

Pada survei Indomatrik ini juga tergambar bakal calon wakil gubernur Sumatera selatan yang di sukai masyarakat sebagai berikut Harno Joyo 84,35 persen, Joncik Muhammad 83,33 persen, Prana Putra Sohe 81,58 persen, Popo Ali 66,55 persen, Anita Noeringhati 62,54 persen, Bobby Adhityo Rizal 51,37 persen. 

Kelompok Bakal calon Gubernur tersebut akan memperkuat barisan kemenangan bagi bagi perhelatan pasangan Gubernu/Wakil Gubernur Sumatera Selatan maju di pilgub sumsel 2024 di bulan November kedepan.

Survei dengan Metode menggunakan simple random sampling, responden yang terdistribusi secara acak di seluruh wilayah di 17 Kabupaten/Kota, 91 Kecamatan dan 182 Kel/Desa, 384 RW/RT/Kampung di Provinsi Sumsel, yaitu mereka yang telah berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah, sebagai pemilih ketika survey dilakukan, diambil secara proporsional pada tingkat Provinsi dan random di tingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan, Kelurahan/Desa, Kampung/RW/RT/Desa.

Survei digelar pada 3 s/d 6 Maret 2024. Margin of error sekitar 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Sumber: