Manfaat Puasa Ramadan Bagi Kesehatan Tubuh, Bukan Hanya Untuk Umat Muslim

Manfaat Puasa Ramadan Bagi Kesehatan Tubuh, Bukan Hanya Untuk Umat Muslim

Banyak manfaat puasa Ramadan bagi kesehatan tubuh yang dapat dirasakan bukan hanya untuk umat Muslim--

4.Mengontrol Gula Darah.

Banyak pakar menemukan hasil penelitian bahwa puasa dapat membantu mengontrol gula darah,yang sangat membantu penderita diabetes tingkat tinggi atau rendah.

Selain itu, pembatasan asupan kalori dalam tubuh saat berpuasa dapat membantu sesorang menurunkan resistensi insulin dalam tubuh.

Penurunan resistensi insulin dapat meningkatan sensitivitas tubuh terhadap insulin,sehingga  tubuh dapat mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel dengan lebih efisien.

BACA JUGA:4 Maret Hari Obesitas se Dunia, Ini Tips Diet Hemat dan Aman Saat Bulan Puasa

Tidak hanya itu,dapat membantu gula darah dalam tubuh stabil agar tidak ada lonjakan penuruan gula darah secara ajlok.

5.Mengurangi Peradangan.

Peradangan sebenarnya dapat membantu tubuh untuk melawan infeksi jika terjadi dalam kondisi noramal,namun beberapa peradangan kronis dapat menimbulkan penyakit tertentu seperti multiple sclerosis

6.Dapat meningkatkan kesehatan jatung.

Penyakit jantung dianggap penyakit serius di seluruh dunia karena dapat dianggap pemicu utama yang  memyebabkan kematian,mengubah pola makan dan gaya hidup dianggap adalah cara yang paling efektif untuk meningkatkan kesehatan jantung salah satunya berpuasa saat di bulan ramadhan dengan rutin.

Beberapa penelitian menemukan puasa merupakan cara yang paling efiktif karena dapat menurunkan tekanan darah,mengontrol gula darah dan kolestrol.

BACA JUGA:Hack Kuliner Terbaru, Nasi Liwet Bumbu Malbi, jadi Menu Sahur Hemat Anak Kost di Palembang Saat Bulan Puasa

7.Meningkatkan fungsi otak 

Puasa dapat meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan fungsi produksi sel saraf untuk membantu peningkata fungsi sel kongnitif

8.Membantu menurunkan berat badan

Sumber: