Belum Sidang Isbat, Pemerintah Pastikan Awal Ramadan 2024 Berbeda dengan Muhammdiyah, Tanggal Berapa Ya?

Belum Sidang Isbat, Pemerintah Pastikan Awal Ramadan 2024 Berbeda dengan Muhammdiyah, Tanggal Berapa Ya?

Meski belum menggelar sidang isbat Pemerintah dalam hal ini Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan awal Ramadan 2024 berbeda dengan Muhammadiyah--

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM - Meski belum menggelar sidang isbat Pemerintah dalam hal ini Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan awal Ramadan 2024 berbeda dengan Muhammadiyah.

Penetapan awal Ramadan 2024 atau 1445 H tersebut dituangkan Menag Taqut dalam surat edaran tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Ramadan dan Hari Raya Idulfitri Tahun 1445 Hijriah tahun 2024.

Dalam surat edaran yang memastikan penetapan awal Ramadan 1445 Hijriah tahun 2024 berbeda dengan Muhammadiyah tersebut Menag Taqut memberi beberapa imbauan yang ditujukan kepada seluruh masyarakat.

Menag Yaqut mengimbau agar seluruh Umat Islam di Indonesia tetap menjaga tali persaudaraan dan toleransi.

BACA JUGA:Intip Suasana Ramadan di Korea Selatan, Ini Daftar Artis yang Ikut Menjalankan Puasa

"Umat Islam diimbau untuk tetap menjaga ukhuwah islamiyah dan toleransi dalam menyikapi potensi perbedaan penetapan 1 Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi," tulis Yaqut dalam edarannya.

Menag Yaqut juga meminta agar pada pelaksanaan ibadah Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 2024 sekalipun ada perbedaan antara Muhammadiyah dan pemerintah umat Islam Tanah Air tetap menjunjung tinggi nilai toleransi.

"Tetap berpatokan pada syariat Islam dan menjunjung tinggi toleransi," imbuhnya.

Dari kalender Hijriah yang resmi dirilis oleh Kemenag RI, penetapan 1 Ramadan sebagai tanda awal pelaksanaan ibadah puasa bagi umat Muslim diperkirakan pada Selasa 12 Ramadan 2024.

BACA JUGA:Kapan Jadwal Sidang Isbat 2024? Penentuan Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H

Sementara itu, pelaksanaan sidang isbat yang bertujuan untuk menentukan awal puasa 1 Ramadan 1445 H baru akan dilakasanakan Kementerian Agama (Kemenag) RI pada 10 Maret 2024.

Di Indonesia pelaksanaan sidang isbat biasanya dilakukan untuk menentukan wal bulan dalam kalender Hijriah dengan cara memantau hilal sebagai permulaanya.

Pemantauan hilal ini sebagai bahan nantinya untuk dibahas dalam sidang isbat yang akan menetapkan awal puasa tanggal 1 Ramadan 1445 H.

Kemenag RI akan mengumumkan kapan pelaksanaan sidang isbat digelar pada hari terakhir bulan Syaban atau bertepatan pada tanggal pada 10 Maret 2024 atau 29 Syaban 1445 H.

Sumber: