'Gara-gara' Rapat Camat, Lurah, Kades serta Liburan Nataru, TPK Hotel Berbintang di Palembang Tembus 61 Persen

'Gara-gara' Rapat Camat, Lurah, Kades serta Liburan Nataru, TPK Hotel Berbintang di Palembang Tembus 61 Persen

Petugas housekeeping di salah satu hotel berbintang di Kota Palembang sedang membersihkan kamar. -Salamun Sajati/radarpalembang.disway-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel mencatat Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel bintang bulan Desember 2023 sebesar 61,38 persen.

Angka tersebut, menurut BPS Sumsel mengalami peningkatan sebesar 2,97 poin dibandingkan TPK bulan sebelumnya yang tercatat 58,41 persen.

“Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, TPK hotel bintang bulan Desember 2023 juga mengalami peningkatan sebesar 2,76 poin dimana TPK Desember 2022 tercatat 58,62 persen,”kata Kepala BPS Sumsel Moh Wahyu Yulianto, Kamis 1 Februari 2024.

Pertumbuhan positif tingkat hunian hotel di Palembang pada Desember 2023 diduga akibat tingginya jumlah wisatawan domestik yang melakukan perjalanan ke Kota Palembang selama musim libur natal dan tahun baru.

BACA JUGA:HUT ke-21, Harian Radar Palembang Terus Bersinergi dengan Industri Hotel di Sumsel

“Hal ini terlihat dari tingginya TPK beberapa hotel bintang di Kota Palembang yang berada di kisaran 75 hingga 96 persen,”ungkap dia.

Kota Palembang menjadi tujuan masyarakat untuk berwisata karena memiliki fasilitas hotel, pusat perbelanjaan serta wisata kuliner yang paling lengkap dibandingkan kabupaten/kota lain di wilayah Sumatera Selatan.

Selain perjalanan wisatawan domestik yang meningkat, penggunaan fasilitas hotel oleh pebisnis dan pegawai pemerintahan untuk keperluan rapat, audiensi, perjalanan dinas, dan lain sebagainya juga turut mendorong peningkatan TPK Desember 2023.

“Salah satu kegiatan besar pemerintahan yang terselenggara pada bulan Desember 2023 adalah Rapat Koordinasi Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Sumatera Selatan yang berlokasi di Kota Palembang,”kata Moh Wahyu Yulianto.

BACA JUGA:MC Kondang Ini Sukses karena Gila Kerja, Simak Yuk, Kisah Alan Budiman yang Menginspirasi Hotelier

Pada Desember 2023, TPK seluruh kelas akomodasi hotel bintang mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya.

Peningkatan tertinggi terjadi pada TPK hotel bintang 3, sementara peningkatan terendah terjadi pada TPK hotel bintang 2.

“Hampir setiap bulan, nilai TPK tertinggi diduduki oleh hotel bintang 5, pada bulan Desember 2023 tercatat mencapai 79,25 persen,”kata Moh Wahyu Yulianto.

Hal ini membuktikan bahwa hotel bintang 5 menjadi pilihan akomodasi favorit masyarakat Sumatera Selatan untuk menginap ataupun menyelenggarakan pertemuan.

BACA JUGA:4 Promo Imlek Hotel di Palembang, Nomor 1 Berhadiah Logam Mulia

Sementara TPK terendah tercatat pada hotel bintang 1 sebesar 45,03 persen.

“Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, TPK hotel bintang Desember 2023 juga mengalami peningkatan sebesar 2,76 poin,”ujar dia.

BACA JUGA:‘Djakap Djiwa’ Aryaduta Hotels, Berikan Atmosfer Positif Bagi Tamu Hotel

Sumber: