SESERA PT Pusri Palembang, Sejahterakan Masyarakat Pulau Kemaro

SESERA PT Pusri Palembang, Sejahterakan Masyarakat Pulau Kemaro

PT Pusri Palembang komitmen pada kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melalui Program SESERA atau Sehat Sejahtera Pulau Kemaro. --

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – PT Pusri Palembang komitmen pada kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melalui Program SESERA atau Sehat Sejahtera Pulau Kemaro

Realisasi program dilaksanakan oleh Pusri yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) melalui Departemen TJSL yang juga terintegrasi beririsan dengan unit Proyek CSV.

Pusri fokus binaan yaitu masyarakat RT17 dan RT18 Pulau Kemaro, Kelurahan I Ilir dalam satu payung Program SESERA.

Program SESERA PT Pusri Palembang hadir dan terangkai untuk merespon pengentasan permasalahan sosial dan lingkungan yang dihadapi oleh masyarakat Ring 1 perusahaan melalui program community development sebagai bentuk Corporate Social Innovation (CSI).

BACA JUGA:Pusri Siap Masuki Musim Tanam, Pastikan Ketersediaan Stok Pupuk Bersubsidi Mencukupi

"Sejak mulai dilaksanakan Program SESERA telah memberikan nilai manfaat positif yang signifikan bagi masyarakat Pulau Kemaro,"kata VP TJSL, Alde Dyanrini, Senin 15 Januari 2024.

Tidak hanya meliputi aspek taraf kehidupan dalam lini ekonomi, sosial dan lingkungan, namun juga turut diperhitungkan peningkatan kapasitas dan kapabilitas masyarakat.

Hal ini pun didasari oleh hasil perhitungan dalam studi Social Return on Investment (SROI) yang telah dilakukan oleh Puspahadi Konsultan atas Program SESERA PT Pusri Palembang di tahun 2023 yang menunjukkan hasil nilai SROI sebesar 13,18. 

Nilai ini merupakan hasil perbandingan dari manfaat yang dihasilkan dengan biaya investasi yang dikeluarkan. 

BACA JUGA:Potongan Harga hingga 40 Persen Paket Non Subsidi, PUSRI Dukung Gebyar Diskon Pupuk di Karanganyar

Nilai SROI 13,18 memiliki arti bahwa setiap Rp 1 yang diinvestasikan untuk program pemberdayaan masyarakat menghasilkan manfaat sebesar Rp13,18. 

Hal ini juga berarti program memberikan hasil yang positif dan menghasilkan nilai manfaat yang lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan untuk program, sehingga layak secara sosial. 

Adapun rangkaian kegiatan dalam Program SESERA, sebagai berikut:

1. Pembangunan Instalasi Air Bersih dan Air Minum (Pengolahan air Sungai Musi menjadi air bersih agar layak untuk dikonsumsi).

Sumber: