UMKM Berkontribusi Besar Jadikan Indonesia Negara Dengan Ekonomi Terkuat Di Dunia

UMKM Berkontribusi Besar Jadikan Indonesia Negara Dengan Ekonomi Terkuat Di Dunia

UMKM berkontribusi besar dengan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terkuat di dunia terbukti dengan berkurangnya tingkat pegangguran--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - UMKM berkontribusi besar dengan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terkuat di dunia terbukti dengan berkurangnya tingkat pegangguran.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM mempunyai jasa yang luar biasa besar dalam perekonomian nasional karena membuat Indonesia dapat tahan banting terhadap berbagai guncangan dan juga krisis ekonomi selama puluhan tahun.

Karena jika bukan karena UMKM ini ekonomi Indonesia sudah kolaps di tahun 1998 dan tahun 2008 seperti negara lain yang jatuh miskin karena krisis ekonomi dan hiperinflasi.

Tak hanya itu UMKM juga membuat Indonesia menjadi salah satu anggota G20 yang terdiri dari negara-negara dengan ekonomi terkuat di dunia.

Jika di lihat dari data GDP nasional usaha kecil mempunyai peranan luar biasa untuk perputaran ekonomi di berbagai dari seluruh pulau di Indonesia.

BACA JUGA:Graduation Program UMKM Merdeka Batch 2 di Universitas Bina Darma Sukses Digelar

Dari indikator pertumbuhan ekonomi nasional yang biasa disebut dengan PDB atau GDP kontribusi dari usaha skala kecil mikro dan menengah atau UMKM menyumbang hingga 62 persen dari pertumbuhan ekonomi nasional yaitu sekitar Rp 8.500 Triliun.

Kontribusi sektor UMKM untuk negara sangat besar bahkan lebih tinggi daripada gabungan industri-industri manufaktur skala raksasa.

Keberadaan UMKM yang sangat beragam dan bervariasi membuat negara Indonesia mempunyai  pertahanan ekonomi yang kuat dan selalu dapat bangkit dari krisis.

Krisis moneter Asia yang terjadi pada tahun 1997 hingga tahun 1998 membuat nilai tukar rupiah turun drastis terhadap dolar dari yang awalnya Rp 2.500 per dollar naik menjadi Rp 16.000 per-dollar.

Hal ini dikarenakan banyak  perusahaan besar Indonesia yang jatuh bangkrut bahkan lebih dari 50 bank di Indonesia juga tutup karena terdampak krisis moneter yang sangat mengerikan.

BACA JUGA:Terbaru, Angsuran KUR BRI 2024 per Bulan untuk Pinjaman Rp 50 Juta, Pelaku UMKM Merapat Biar Usaha Makin Cuan

Akibatnya sangat banyak karyawan yang terkena PHK dan angka pengangguran Indonesia bertambah menjadi kurang lebih 9,8 juta orang pasca krisis moneter 1998.

Indonesia dapat bangkit dari krisis tersebut karena sektor UMKM, pada saat bisnis besar banyak menggantikan usahanya dengan nilai tukar Rupiah sektor UMKM menjadi benteng pertahanan yang sangat kokoh.

Sumber: