Yamaha Mio 155 2024 Diklaim Sebagai Motor Tercepat dengan Mesin Terbaru, Segera Mengaspal, Jangan Ketinggalan!

Yamaha Mio 155 2024 Diklaim Sebagai Motor Tercepat dengan Mesin Terbaru, Segera Mengaspal, Jangan Ketinggalan!

Yamaha Mio 155 segera meluncur di awal tahun 2024.--

BACA JUGA:Update Terbaru Harga Yamaha Nmax Bekas, Turun Jauh dari Harga Barunya

SOHC adalah singkatan dari Single OverHead Camshaft yaitu mesin yang menggunakan satu Camshaft atau yang bisa dikenal dengan noken as.

Jadi setiap silinder terdapat satu noken as dengan 2 katup, yaitu katup isap (intake valves) yang mempunyai fungsi sebagai menghisap campuran udara

Dan bahan bakar kedalam ruang bakar dan katup buang (exhaust valves) yang berfungsi sebagai mengisap sisa pembakaran ke knalpot.

Secara umum, OHC merupakan rangkaian katup memanfaatkan camshaft yang terdapat pada kepala silinder supaya katup bisa tertekan. Tidak ada sistem yang melalui pushrod seperti sistem pertama.  

BACA JUGA:Yamaha Ajak Perempuan Rolling City Classy Days Out dan Berfoto Tempat Wisata Palembang

Masing-masing silinder hanya terdapat satu camshaft dan memiliki dua katup.

Performanya sendiri dianggap lebih baik sehingga lebih sering digunakan. Karena tidak terlalu banyak komponen penghubung yang digunakan.

Bisa dikatakan bahwa mekanisme ini akan lebih baik karena alasan tersebut dan saat kendaraan berkecepatan tinggi kinerjanya juga lebih bagus. Cara kerjanya sendiri dimulai dari rantai penggerak.  

Pada tipe ini, batang penekan tidak ada, sehingga gerakan balik dapat dinetralisir. Posisi cam berada di atas silinder yaitu di tengahnya, cam digerakkan oleh rantai penggerak yang langsung memutar cam sehingga cam menekan rocker arm.

BACA JUGA:Viral, Yamaha RX King Dijual Seharga Rp 150 Juta, Kondisi Super Mulus Layaknya Motor Baru Keluar Pabrik

Poros cam berfungsi untuk menggerakkan katup masuk (IN) dan katup buang (EX), agar membuka dan menutup sesuai dengan proses yang terjadi dalam ruang bakar mesin.

Tipe ini komponennya sedikit sehingga pada putaran tinggi tetap stabil.

Disebut single over head camshaft karena hanya menggunakan satu cam pada desainnya. Atau SOHC adalah system poros tunggal di kepala silinder.

Kapasitas tangki bahan bakar sebesar 7,1 liter menjadi kelebihan lainnya, memastikan bahwa pengendara dapat menempuh jarak yang lebih jauh tanpa perlu sering mengisi bahan bakar.

Sumber: