BANNER PEMUTIHAN PAJAK
Banner Honda PCX 160 2025

Dapatkah Digital Marketing Mendorong Pertumbuhan Bisnis secara Organik?

Dapatkah Digital Marketing Mendorong Pertumbuhan Bisnis secara Organik?

Strategi digital marketing secara organik membantu bisnis tumbuh alami melalui konten, dan respons cepat yang membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.--

RADARPALEMBANG.ID - Iklan berbayar dan kampanye yang masif kini lebih sering ditemui, membuat pelanggan jenuh dan menimbulkan pertanyaan, apakah digital marketing masih dapat mendorong pertumbuhan bisnis secara organik?

Pertumbuhan yang dimaksud bukan sekedar traffic atau engagement saja, tapi juga tingkat kepercayaan dan relevansi bisnis di mata audiens.

Lalu, apakah itu berarti bisnis sudah mulai kembali ke cara lama dan menggunakan pendekatan organik lagi? Jika dilihat dari perilaku konsumen yang semakin selektif dan peka, hal ini mungkin saja terjadi.

Dalam artikel ini, kita akan membedah bagaimana strategi digital marketing bisa disusun untuk mendorong pertumbuhan bisnis secara organik, dan berdampak jangka panjang.

BACA JUGA:Dosen UBD Dipercaya sebagai Pemateri di Sosialisasi Pelatihan Digital Marketing

Mengapa Bisnis Perlu Fokus pada Pertumbuhan Bisnis yang Organik?

Digital marketing yang identik dan didominasi dengan impresi berbayar membuat strategi organik terlihat seperti sedang menawarkan sesuatu yang langka.

Pertumbuhan bisnis yang berakar pada kepercayaan dirasa lebih berkelanjutan karena dibangun dari keterlibatan pelanggan secara langsung. 

Namun, membangun hubungan pelanggan secara organik bukan berarti semuanya kembali dilakukan secara manual.

BACA JUGA:Unggul di Layanan Digital dan Konvensional, BRI Sabet 11 Penghargaan di Ajang Banking Service Excellence 2025

Bisnis dapat memperkuat pendekatan personal dengan bantuan teknologi, salah satunya adalah dengan mengotomatisasi komunikasi di WhatsApp. Cara ini memungkinkan bisnis tetap responsif sekaligus efisien dalam membangun koneksi jangka panjang.

Sehingga, alih-alih hanya mengejar awareness instan melalui iklan, bisnis mulai memprioritaskan pertumbuhan organik dengan fokus pada engagement.

Strategi organik vs berbayar: mana yang paling menguntungkan?

Setiap strategi punya keunggulannya masing-masing. Kampanye berbayar unggul dalam hal kecepatan dan jangkauan, ideal untuk memperkenalkan produk baru atau mendorong traffic dalam waktu singkat.

Sumber:

Berita Terkait