Setelah Imlek 2024, Berikut 4 Jadwal Sembahyang Tionghoa yang Harus Disiapkan dari Sekarang, untuk Dewa-Dewi

Setelah Imlek 2024, Berikut 4 Jadwal Sembahyang Tionghoa yang Harus Disiapkan dari Sekarang, untuk Dewa-Dewi

Masyarakat Tionghoa akan melakukan sembahyang setelah perayaan tahun baru Imlek sebagai penghormatan untuk para leluhur.--vnecdn.net

SUMSEL, RADARPALEMBANG.COMJadwal sembahyang Tionghoa awal 2024 sudah dibisa dicatat, agar tidak kelupaan atau terlewatkan.

Setelah merayakan tahun baru Imlek 2024 atau tahun Naga Kayu 2575 pada Sabtu tanggal 10 Februari 2024, masyarakat Tionghoa akan melaksanakan sembahyang Dewa Dewi.

1. Sembahyang King Thi Gong (敬天公; Jing Tian Gong), atau Sembahyang Tuhan / Kaisar Langit Yu Huang Shang Di (玉皇上帝) : Tanggal 9 bulan 1 Imlek (Minggu, 18 Februari 2024).

BACA JUGA:Shio yang Kena Ciong di Tahun 2024, Simak Jadwal Sembahyang Ciong dan Manfaatnya

Sembahyang King Thi Gong (Hanzi : 敬天公; Jing Tian Gong), atau Sembahyang Tuhan / Kaisar Langit Yu Huang Shang Di (玉皇上帝), atau “sembahyang Tebu”, dilaksanakan pada tanggal 09 bulan 1 Imlek.

2. Sembahyang hari kebesaran Dewa Fu Tek Zheng Shen (Hok Tek Ceng Sin; 福德正神) : Tanggal 02 bulan 02 Imlek (Senin, 11 Maret 2024). Tanggal ini bertepatan dengan hari libur Nyepi).

Fu De Zheng Shen (Hanzi : 福德正神; Hokkian : Hok Tek Cin Sin) adalah Dewa kemakmuran yang mengatur rezeki manusia. Beliau merupakan salah satu Dewa dalam Taoisme yang sering dianggap sama, atau merupakan “nama resmi” dari Dewa Bumi atau Tu Di Gong (土地公). Hari kebesaran Fu De Zheng Shen diperingati setiap tanggal 2 bulan 2 Imlek.

BACA JUGA:Jadwal Sembahyang Tionghoa di Bulan Desember 2023, Ada Perayaan Ronde atau Festival Dong Zhi

3. Sembahyang hari kebesaran Dewa Xuan Tian Shang Di (Hian Tian Siang Tee; 玄天上帝) : Tanggal 3 Bulan 3 Imlek (Kamis, 11 April 2024). Tanggal ini bertepatan dengan hari libur Idul Fitri).

Xuan Tian Shang Di (Hanzi : 玄天上帝; Hokkian : Hian Thian Siang Te) atau Xuan Di (玄) adalah salah satu Dewa berperingkat tinggi dalam Taoisme (Kedudukan Xuan Tian Shang Di berada setingkat di bawah Yu Huang Da Di/Kaisar Langit), dan dipuja sebagai Dewa yang mengendalikan elemen dan memiliki kesaktian yang tinggi.

Beliau juga dianggap sebagai Dewa pelindung di Langit Utara, dan menjadi pemimpin tertinggi di kawasan tersebut, yang meliputi propinsi Shanxi, Hebei, Henan, dan inner Mongolia di Tiongkok (黑帝; Heidi; dimana dalam Taoisme, warna hitam merujuk arah utara). Beliau sangat dipuja oleh para seniman bela diri, hari kebesaran-Nya diperingati setiap tanggal 3 bulan 3 Imlek.

BACA JUGA:Lengkap, Jadwal Sembahyang Hari Raya Tionghoa dan Sembahyang Dewa-Dewi Tahun 2024

Pada patung atau arca-Nya, sering divisualisasikan dalam posisi duduk di singgasana, jubah kekaisaran atau pakaian perang keemasan, berjanggut hitam panjang tidak mengenakan sepatu, dengan kaki kanan menginjak ular, sementara kaki kiri menginjak kura-kura, sambil menggenggam sebilah pedang, dimana tangan kirinya membentuk “mudra tiga gunung” yang menyerupai Kwan Im,

4. Sembahyang hari kebesaran Dewi Tian Shang Sheng Mu (Mak Co; Ma Zu, 天上聖母) : Tanggal 23 bulan 03 Imlek (Rabu, 1 Mei 2024, Tanggal ini bertepatan dengan libur Hari Buruh Nasional).

Sumber: