Wajib Tau! Ini 7 Komplikasi Cedera Kepala yang Perlu Diwaspadai

Wajib Tau! Ini 7 Komplikasi Cedera Kepala yang Perlu Diwaspadai

Ilustrasi--

Orang-orang dalam keadaan vegetatif membutuhkan perawatan yang komprehensif, termasuk nutrisi yang baik dan langkah-langkah untuk mencegah masalah akibat tidak dapat bergerak.

BACA JUGA:Ternyata Sakit Kepala Tak Melulu Gejala Darah Tinggi, Begini Faktanya!

2. Ulkus dekubitus

Ulkus dekubitus ialah cedera lokal pada kulit atau jaringan di bawahnya, biasanya di area tulang, dapat berkembang dalam beberapa jam setelah tekanan berkelanjutan di satu area.

Kondisi ini cenderung berkembang karena faktor-faktor seperti gesekan, imobilitas, tekanan, infeksi, sepsis, hingga cedera otak.

Setelah cedera kepala, jika orang tersebut tidak dapat sering-sering mengubah posisi tubuh, ini akan meningkatkan risiko kerusakan jaringan.

Hal ini selanjutnya menyebabkan perkembangan ulkus dekubitus dengan potensi risiko infeksi terkait. Area tubuh yang paling terpengaruh oleh tekanan adalah kepala.

Dilansir Flint Rehab, penting untuk mengobati ulkus dekubitus karena jika dibiarkan dapat menyebabkan kematian jaringan atau infeksi yang mengancam jiwa.

Oleh sebab itu, untuk mencegah ulkus dekubitus, penting untuk sering mengganti posisi tidur.

BACA JUGA:10 Buah yang Ampuh Turunkan Darah Tinggi, Coba Sekarang!

3. Infeksi

Meninges ialah jaringan yang mengelilingi otak dan melindunginya dari bakteri.

Namun, saat otak mengalami cedera sedang hingga parah, patah tulang tengkorak, atau luka tembus, ini terkadang dapat merobek meningen.

Ketika ini terjadi, bakteri dapat masuk ke otak dan menyebabkan infeksi. Jika tidak diobati, infeksi meninges atau meningitis, dapat menyebar ke seluruh sistem saraf dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini 5 Buah-Buahan Perontok Batu Ginjal Aman Dikonsumsi, Tanpa Efek Samping

Sumber: