Burger King Masuk dalam Boikot Produk Israel, Cek Daftar Restoran Cepat Saji Lainnya di Sini

Burger King Masuk dalam Boikot Produk Israel, Cek Daftar Restoran Cepat Saji Lainnya di Sini

Burger King, restoran cepat saji yang masuk dalam daftar boikot produk pro israel.--

JAKARTA, RADARPALEMBANG. COM - Restoran cepat saji Burger King sangat banyak gerainya di Indonesia, cukup terkenal dan juga ramai peminat, termasuk di Kota Palembang. 

Ternyata, Burger King masuk ke dalam daftar boikot (penolakan) produk Israel. Burger King hadir di Indonesia sejak tahun 2007 dengan cabang mencapai 175 unit lebih dan terus bertambah.

Seruan boikot produk yang mendukung Israel semakin meluas di dunia dan ramai di media sosial belakangan ini. 

Hal ini dipicu lantaran tindakan tak manusiawi yang digencarkan oleh Israel terhadap warga di Palestina.

BACA JUGA:Berikut Daftar Produk Lokal Pengganti Produk Israel, Bisa Dijadikan Alternatif Pilihan

BDS (Boycott, Divestment, Sanctions) Movement merupakan pergerakan kebebasan, keadilan, dan kesetaraan untuk Palestina. 

Pergerakan ini telah menyusun daftar merek-merek produk Israel dalam berbagai bentuk. Sebanyak 18 produk  Israel yang masuk daftar boikot dipasarkan di Indonesia.

Mengutip dari laman resminya, BDS adalah gerakan boikot (penolakan) dari konsumen guna meyakinkan para pelaku perdagangan di seluruh dunia untuk berhenti menjual produk asal Israel.

Meskipun banyak yang berpendapat bahwa gerakan boikot tidak berdampak secara langsung namun tujuannya adalah sebagai aksi protes atas serangan Israel ke Jalur Gaza yang sebabkan ribuan warga sipil Palestina tewas.

BACA JUGA:16 Produk Israel Terkenal di Indonesia, Ini yang Paling Laris, Cari Tau Apa Saja?

Diketahui pada postingan akun Instagram @bdsnationalcommittee pada 23 Oktober 2023 terdapat beberapa logo produk yang sangat familiar. Salah satunya adalah restoran cepat saji Burger King.

Adapun sejarah Burger King tercatat masuk ke Indonesia pada tahun 1989 dengan gerai pertamanya di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan.

Lalu krisis moneter pada tahun 1998 sempat menyebabkan restoran ini tutup.

Di Indonesia, waralaba Burger King dirintis oleh PT Beka Sari Pratama, anggota kelompok usaha Gelael (yang juga memiliki PT Fast Food Indonesia Tbk, pemegang waralaba KFC di Indonesia).

Sumber: