Waspada, Musim Hujan Tiba Debit Air Sungai Musi Mulai Naik

 Waspada, Musim Hujan Tiba Debit Air Sungai Musi Mulai Naik

Memasuki musim penghujan tiba ketinggian debit air di sungai musi mengalami kenaikan akibat guyuran hujan dengan intesitas tinggi--harianmuba.com

MUBA, RADARPALEMBANG.COM - Memasuki musim penghujan tiba ketinggian debit air di sungai musi mengalami kenaikan akibat guyuran hujan dengan intesitas tinggi.

Hal itu terpantau dari naiknya volume air di aliran Sungai Musi yang brada di desa Terusan Kecamatan Sanga Desa kabupaten musi banyuasin menjadi naik sekitar 2 meter dari kondisi semula. 

Bukan hanya itu kenaikan debit air ini jug adi ikuti dengan material lumpur dan serpihan kayu yang terbawa oleh deranya arus sungai.

Mengurip dari harianmuba.com, Masrik (50) warga Dusun 4 Muara Rawas Desa Terusan Kecamatan Sanga Desa yang rumah nya berada di pinggiran aliran Sungai Musi membenarkan mengenai kenaikan air Sungai Musi yang begitu cepat.

BACA JUGA:Tidak Main-main, Kontraktor Proyek Infrastruktur Ini Kena Warning Pj Bupati Muba

“Memang hari Kamis dan Jumat kemarin itu turun hujan yang lumayan deras di sebagian wilayah Sanga Desa.

Puncaknya itu yang paling deras terjadi dinihari kemarin. Setelah turun hujan tersebut air Sungai Musi mulai pasang, kenaikannya sekitar 1,5 – 2 meter,” ungkapnya.

Menurut masrik kondisi serupa juga terjadi di beberapa aliran anak dari Sungai Musi lainnya seperti Sungai Ampalau dan Sungai Rawas.

“Kebetulan saya juga salahsatu pengemin sungai di daerah Ampalau, rata-rata anak sungai musi di daerah Sungai Ampalau juga mengalami pasang.

Mudah-mudahan dengan sudah seringnya hujan turun ini menjadi pertanda bahwa musim hujan segera berakhir,” ucapnya.

BACA JUGA:Seru! Pebulutangkis Nasional Main di Babat Toman, Hadiahnya Ratusan Juta

Sementara menurut warga Desa Terusan lainya Riosidi yang berprofesi sebagai nelayan mengungkapkan kalau kondisi pasang yang terjadi di aliran Sungai musi dan anak sungai musi sudah terjadi beberapa hari.

“Harapan saya sebagai pencari ikan tentu agar air Sungai kembali normal, supaya saya dan rekan-rekan nelayan lainnya bisa kembali mencari ikan," jelasnya.

"Karena kalau kondisi air sudah sangat pasang itu biasa nya ikan ikan ukuran besar seperti Ikan Tapa atau Ikan Patin akan lebih mudah di dapat,” tuturnya

Sumber: harianmuba.com