Manfaat Daun Bidara Sebagai Obat Pencegah Kanker, Bukan Hanya Untuk Memandikan Jenazah

Manfaat Daun Bidara Sebagai Obat Pencegah Kanker, Bukan Hanya Untuk Memandikan Jenazah

Daun Bidara ternyata punya manfaat lain sebagai obat pencegah kanker selain manfaatnya yang selama ini hanay digunakan untuk memnadikan jenazah--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Daun Bidara ternyata punya manfaat lain sebagai obat pencegah kanker selain manfaatnya yang selama ini hanay digunakan untuk memnadikan jenazah.

Meski pemanfaatan daun Bidara sebagai obat pencegah kanker masih terdengar asing namuan tanaman ini nyatanya memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh.

Hal tersebut karena didalam daun Bidara terkandung beragam senyawa aktif, seperti saponin dan flavonoid, yang mampu mencegah atau menangkal penyakit kanker.

Tanaman yang memiliki nama latin Ziziphus mauritiana L ini banyak ditemukan tumbuh di wilayah Asia salah satunya di Indonesia.

BACA JUGA:Stres, Kurang Tidur hingga Kopi Sebabkan Sakit Kepala Terus Menerus, Cek Pemicu Lainnya

Di Indonesia sendiri pemanfaatan daun Bidara baru sebatas  digunakan sebagai salah satu media untuk memandikan jenazah.

Berbeda halnya dengan di negaga China yang memanfaatkan daun Bidara sebagai obat tradisional karena memiliki banyak manfaat, mulai dari mengatasi gangguan pencernaan hingga mencegah kanker.

Bidara sendri memiliki pohon yang keci dengan banyak cabang berduri, tingginya hanya sekitar 5-10 meter, sedangkan daunnya memiliki ciri-ciri bentuk oval dengan permukaan mengilap berukuran panjang 2–7 sentimeter.

Kandungan senyawa alkaloid, triterpenoid, saponin, flavonoid, dan tanin di dalam daun Bidara inilah yang punya sifat antioksidan yang dapat menghambat kerusakan sel akibat radikal bebas sehingga di percaya dapat mencegah Kanker.

BACA JUGA:Buat yang Mudah Berjerawat, Sebaiknya Hindari 7 Makanan Berikut, Solusi Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Selain itu, beberapa senyawa yang ada di dalam daun bidara juga bersifat antimikroba dan antibakteri.

Karena meminili banyak nutrisi baik bagi kesehatan tubuh,daun Bidara juga dapat dmanfaatkan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti:

1. Mengatasi insomnia

Antioksidan yang terkandung dalam daun Bidara mampu mengurangi kecemasan berlebih sehingga membuat sulit tidur. Kandungan saponin dalam daun bidara juga dapat memengaruhi hormon serotonin yang berperan penting dalam siklus bangun tidur. 

Sumber: