Meski Turun Hujan, Krisis Air Bersih Masih Dirasakan Warga Banyuasin

Meski Turun Hujan, Krisis Air Bersih Masih Dirasakan Warga Banyuasin

Krisis air bersih masih dirasakan warga si sejumlah desa di kabupaten Banyuasin meski sudah diguyur hujan--antara foto

PALEMBANG, RADARPALEMBAG.COM - Krisis air bersih masih dirasakan warga si sejumlah desa di kabupaten Banyuasin meski sudah diguyur hujan.

Warga di beberapa desa di Kabupaten Banyuasin masih berharap adanya bantuan air bersih dari pemerintah walau sempat terjadi hujan pada Senin 9 Oktober 2023.

"Kami harap ada bantuan air bersih, sebab kami susah air sekarang. Menimba air di lebak yang lokasinya sangat jauh," ujar Komar warga Karang Petai Pangkalan Balai mengutip dari harianbanyuasin.com.

Pernyataan tersebut pun dibenarkan oleh Camat Banyuasin III, Santo, menurutnya terdapat beberapa desa yang kekurangan air bersih di kecamatan Banyuasin III.

BACA JUGA:Karhutla Sumsel, Nama Bangsa Indonesia Dipertaruhkan, Wanti-wanti Efek Jangka Panjang

Lebih lanjut santo menjelaskan, kalau kerisis air bersih tersebut terjadi lantaran sumur warga yang mengering dimusim kemarau dan belum terpasangnya jaringan PDAM. 

"Jadi desa yang belum ada PAM ini semuanya perlu bantuan air bersih. Sebab semua sumur warga sudah mengering," katanya.

Santo menyampaikan adapun beberapa desa di kecamaanya yang mengalami krisis air bersih adalah Desa Sukaraja Baru, Sukamulia, Tanjung Kepayang, Tanjung Agung,  Sri Bandung, Tanjung Menang, Langkan, Panji, Rimba Balai dan Terlangu. 

"Ada juga Dusun Manggus dan Dusun Karang Petai juga sangat terdampak kekeringan perlu dibantu," harapnya. 

Diakui Santo saat ini sudah ada beberapa bantuan air bersih untuk masyarakat dari beberapa pihak dan untuk itu dirinya pun mengucapkan terimakasih.

BACA JUGA:Warga Desa Pangkalan Bayat Keluhkan Debu Truk Batubara, 5 Tahun Beroperasi Belum Pernah Ada Kompensasi

"Semoga bantuan yang diberikan menjadi amal jariyah," kata Santo.

Diketahui sebelumnya jika wilayah Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin sempat diguyur hujan deras selama beberapa saat pada, Senin 9 Oktober 2023.

Hal tersebut merupakan kegembiran sendiri bari warga Banyuasin yang selama ini telah menanti datangnya hujan turun di wilayah mereka.

Sumber: harianbanyuasin.com