Pusri Bikin Perahu Listrik, Caranya Sulap Eceng Gondok Jadi Sumber Energi Terbarukan

Pusri Bikin Perahu Listrik, Caranya Sulap Eceng Gondok Jadi Sumber Energi Terbarukan

Paparan tim TJSL Pusri terkait pemanfaatan eceng gondok ke warga sekitar Pulau Kemaro. Salah satunya, Pusri bersama Comestoarra.com menginisiasi ide membuat modifikasi Perahu Listrik memakai sumber energi terbarukan, biomassa eceng gondok.--doc radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – PT Pusri Palembang atau Pusri memanfaatkan eceng gondok yang banyak ditemukan di Sungai Musi, khususnya di Pulau Kemaro.

Pemanfaatan eceng gondok di Pulau Kemaro oleh PT Pusri Palembang untuk menjadi sumber energi terbarukan berupa biomassa.

Hasil sumber energi terbarukan berupa biomassa dari eceng gondok dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan yaitu bahan bakar memasak dan gasifikasi hasil pembakaran dapat menjadi sumber listrik. 

Inovasi biomassa dari eceng gondok dari PT Pusri Palembang, merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) berkomitmen dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan. 

BACA JUGA:5 Mitra Binaan Rumah BUMN Pusri Ramaikan INACRAFT 2023

Kegiatan Launching Program Energi Terbarukan, Biomassa Eceng Gondok dan Kapal Listrik Pulau Kemaro ini dihadiri oleh VP TJSL Pusri, Alde Dyanrini, unsur muspika dan muspida setempat, Senin 9 Oktober 2023.

Program energi terbarukan di Pulau Kemaro PT Pusri Palembang pertama kali diinisiasi melihat dari permasalahan eceng gondok yang sangat melimpah di Sungai Musi.

Disaat bersamaan, kebutuhan transportasi masyarakat yang sehari-harinya di Pulau Kemaro menggunakan perahu sebagai moda transportasi utama cukup tinggi.

Apalagi letak Pulau Kemaro yang berada di tengah-tengah Sungai Musi yang membutuhkan BBM atau Bahan Bakar Minyak.  

BACA JUGA:Orasi Ilmiah di Unsri, Dirut Pusri Edukasi Generasi Muda Terkait Smart Farming

Pusri bersama Comestoarra.com menginisiasi ide membuat modifikasi Perahu Listrik sehingga dapat memakai sumber energi terbarukan. 

Ada sedikit perbedaan dari Perahu Listrik ini, yaitu menggunakan PV Solar sebagai energi tenaga surya dan baterai yang digunakan bersumber dari hasil gasifikasi biomassa.

Hasil gasifikasi biomassa berasal dan dibuat dari campuran eceng gondok yang melimpah di pesisir Pulau Kemaro serta daun-daun kering yang ada di lingkungan Pusri.

Secara sederhana, biomassa adalah bahan organik yang dihasilkan dari tanaman dan biasanya digunakan sebagai energi dalam jumlah yang cukup besar. 

Sumber: