Pertama di Sumsel, PALI Gunakan CACT Untuk Mengetes Pejabat Administrator

Pertama di Sumsel, PALI Gunakan CACT Untuk Mengetes Pejabat Administrator

Pejabat Administrator dilingkungan Pemkab PALI yang ikuti uji kompetensi menggunakan CACT. -dok pali-

PALI, RADARPALEMBANG.COM - Pertama kali provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dibawah kepemimpinan Dr Ir H Heri Amalindo MM dalam meningkatkan kualitas SDM terutama untuk menduduki jabatan administrator menggunakan inovasi Computer Assisted Competency Test (CACT) untuk menguji kompetensi. 

Hal itu terungkap saat 96 pejabat administrator di lingkungan Pemkab PALI mengikuti uji Kompetensi yang mengadopsi inovasi (CACT) di Kantor Regional VII Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Palembang pada Senin 9 Oktober 2023 kemarin.

Diungkapkan Bupati Heri Amalindo melalui Sekda PALI Kartika Yanti bahwa penilaian uji kompetensi yang mengadopsi inovasi CACT, merupakan upaya untuk meningkatkan profesionalisme dan kualitas pelayanan publik.

"CACT ini juga bertujuan untuk menilai sejauh mana kemampuan dan pengetahuan pegawai ASN, Khususnya di Kabupaten PALI dalam berbagai bidang tugas atau pekerjaan tertentu, serta untuk mengidentifikasi dan mengembangkan potensi serta kualifikasi ASN,"ujar Sekda.

BACA JUGA:Melihat Pembuatan Keripik Apel Malang, Sekda PALI: Kita Juga Bisa Garap

Dengan demikian disebutkan Sekda PALI bahwa CACT dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang kompetensi individu, yang menjadi dasar penting dalam pengambilan keputusan, seperti penempatan, promosi atau pelatihan lanjutan.

"Proses uji kompetensi ini sesuai dengan amanat UU nomor 5 Tahun 2014 Tentang ASN dan peraturan pemerintah nomor 17 Tahun 2020 Tentang manajemen ASN," terangnya. 

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten PALI Deasy Rosalia mengatakan bahwa Pemkab PALI mengadakan uji kompetensi pejabat administrator di BKN Kantor Regional VII Sumatra Selatan.

Ditambahkan Deasy, uji kompetensi ini dilakukan untuk mengukur potensi dan kompetensi seorang pejabat administrator.

BACA JUGA:Sekda PALI dan Sekda Kota Batu Bertemu, Kedua Daerah Diketahui Mirip

"Selain itu untuk menggali dan menentukan strategi untuk pengembangan karir dan kompetensi masing-masing pejabat administrator di Pemkab PALI," katanya.

Dijelaskan Deasy bahwa uji kompetensi yang berlangsung selama satu hari ini di ikuti oleh 96 pejabat administrator Pemkab PALI.

"Uji kompetensi ini dikuti oleh 96 pejabat administrator, atau eselon 3 kalau bahasa dulunya. Untuk di Sumsel ini, baru Kabupaten PALI yang pertama, menggunakan metode CACT untuk uji kompetensi pejabat administrator, "tandasnya. (*) 

 

Sumber: