Pamfest 2023, Stand Ini Ajarkan Muslimah Menjalankan Bisnis Berkah dan Halal

Pamfest 2023, Stand Ini Ajarkan Muslimah Menjalankan Bisnis Berkah dan Halal

Pembina dan Pengurus Muamalah Muslimah Official di Pamfest 2023.-henny/radarpalembang.com-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COMKomunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) Korwil Palembang kembali menyelenggarakan Pasar Muslim Festival (Pamfest) 2023 di Gedung Wanita Rajawali Palembang mulai dari tanggal 6 - 8 Oktober 2023.

Salah satu stand yang cukup menarik perhatian ada Muamalah Muslimah Official. Stand pengusaha muslimah yang menawarkan berbagai barang mulai dari baju, sepatu, sandal, kaos kaki, handshock, dan lainnya.

“Muamalah Muslimah ini terbentuk dari kaum ibu-ibu dan remaja yang ingin berjuang untuk mencari penghasilan dengan cara yang Halal dengan berwirausaha,” terang Ustaz Bambang Prasetyo, BA, M.Pd, Pembina Komunitas Muamalah Muslimah Official, Sabtu 7 Oktober 2023.

Menurut dia, selama ini banyak yang ingin belajar menjalankan bisnis  agar berkah dan halal, namun ketika belajar banyak hal-hal yang tidak sesuai, ada unsur riba, dzolim, haram, tidak sesuai dengan syariat Islam.

BACA JUGA:Pengobatan Ala Rasulullah yang Terlupakan, Namun Sangat Ampuh dalam Penyembuhannya, Ungkap Rahasia Bekam

“Mereka ingin belajar bagaimana cara muamalah, bisa diartikan bergaul, bisnis, dagang bisa diartikan seperti itu yang berkah dan halal, maka mereka minta binaan seperti itu. Akhirnya terbentuklah komunitas ini,” tuturnya.

Salah satu cara yang dilakukan untuk mewujudkan bisnis yang berkah dan halal, melalui kajian membahas buku Fiqih Harta Halal Haram Kontemporer.

Dalam kajian ini akan dipelajari bagaimana harta tersebut halal maupun haram seperti apa, sehingga ketika berbisnis yakin harta yang didapat halal dan berkah.

“Ternyata setelah belajar mereka mendapati  berbisnis dengan cara Islam bisa dapat untung besar ketimbang cara konvensional yang banyak unsur riba,” ujarnya.

BACA JUGA:Cair Rp 10 Juta Tanpa Agunan Lewat KUR Pegadaian Syariah, Bunga Ringan dan Aman Sesuai Syariat Islam

Lanjutnya, keuntungan mempelajari muamalah, bisa belajar bagaimana menjadi investor, menjadi pengusaha, bagaimana kalau menjalin kerja sama, bagaimana hutang piutang tanpa ada unsur riba, dan lainnya.

Sementara di kesempatan yang sama, Founder Komunitas Muamalah Muslimah Official, Riri Ummu Khadeeja menambahkan, group komunitas yang dibentuk dua tahun lalu ini mewadahi semua pedagang, pekerja, pebisnis, Muslimah preneur, pengusaha wanita seluruh Indonesia.

“Group Muamalah Muslimah Official bukan hanya berdagang, tapi di sini kita belajar bagaimana bertransaksi jual beli sesuai syariat Islam,” jelasnya.

Dalam hal berjualan pun menurut dia harus memakai adab antara penjual dan pembeli sesuai syariat agar tidak terjadi kedzoliman.

BACA JUGA:8 Resolusi di Tahun Baru Islam 1445 H, Nomor 7 Jangan Dilupakan!

Saat ini Muamalah Muslimah Official memiliki sekitar 40 lebih brand UMKM di seluruh Indonesia. Pihaknya juga mengajak seluruh muslimah untuk mengikuti pengajian di masjid-masjid.

“Kami ingin mengajak teman-teman yang belum punya ilmu untuk bermuamalah agar  bisa memperbaiki, kalau tadi transaksi hanya untuk dunia, sekarang mengharapkan ridha Allah Subhanahu Wa Ta'ala,” ucapnya.

Purna Setiawan, Manager Outlet PT Waroeng Steak Indonesia, salah satu sponsor kegiatan Muamalah Muslimah Official di Pamfest 2023 di gedung wanita Palembang ini menambahkan, event kali ini sangat menarik dan kental dengan suasana Islami.
 
Apalagi dalam kegiatan ini dihadirkan Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal memberikan kajian bagi semua pengunjung yang datang.

Ia juga berharap, untuk ke depan acaranya bisa lebih besar lagi agar semua masyarakat bisa tahu tentang Pamfest (Pasar Muslim Festival 2023).(*)

Sumber: