Melihat Pembuatan Keripik Apel Malang, Sekda PALI: Kita Juga Bisa Garap

Melihat Pembuatan Keripik Apel Malang, Sekda PALI: Kita Juga Bisa Garap

dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kartika Yanti, diajak melihat secara langsung pembuatan keripik apel di Desa Punten.-dok pali-

KOTABATU, RADARPALEMBANG.COM - Kegiatan Capacity Building Training terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) ke Kota Batu Provinsi Jawa Timur, di hari pertama mengunjungi Desa Wisata Punten.

Rombongan yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kartika Yanti, diajak melihat secara langsung pembuatan keripik apel.

Setelah melihat proses pembuatan keripik apel, Sekda PALI Kartika Yanti menyebut bahwa usaha tersebut bisa digarap atau dikerjakan di wilayah kabupaten berjuluk Bumi Serepat Serasan.

Hanya saja menurut Sekda Kartika Yanti bahwa bahannya yang dimodifikasi menggunakan bahan lokal yang banyak tersedia di Kabupaten PALI.

BACA JUGA:Sekda PALI dan Sekda Kota Batu Bertemu, Kedua Daerah Diketahui Mirip

"Karena apel tidak ada di PALI, maka kita ganti bahan utama pembuatan keripik ini dengan nanas atau pisang maupun nangka," ujar Sekda usai mengunjungi rumah produksi pembuatan keripik apel di Desa Punten Kota Batu, Kamis 5 Oktober 2023.

Untuk meniru dan mengembangkan usaha keripik serupa keripik apel di Kabupaten PALI, Sekda menyarankan OPD terkait seperti Dinas Koperasi UKM, Dinas Perdagangan dan Balitbangda untuk memfasilitasinya.

"Setelah pulang ke PALI ajak pelaku UKM yang mau mengelola usaha seperti ini untuk mencoba pembuatan keripik berbahan dasar nanas, pisang atau nangka dengan pola proses pembuatan meniru apa yang telah kita lihat di sini (Desa Punten). Lalu OPD terkait memfasilitasi peralatan kemudian pendampingan, kemasan hingga pemasaran," tegas Sekda.

Sementara itu, Kepala Balitbangda Kabupaten PALI Khairiman menyatakan, pihaknya telah membuat rencana kerja.

BACA JUGA:Sekda PALI Tegaskan Kepala OPD Harus Lahirkan Inovasi Setiap Tiga Bulan, Ini Alasannya

"Kita akan membangun inkubasi bisnis yang nantinya akan melibatkan beberapa stakeholder terkait baik secara teknis maupun keuangan. Salah satu bisnis yang akan dikembangkan salah satunya usaha pembuatan keripik dengan bahan utama yang ada di kita dan potensi-potensi lainnya yang bisa dikembangkan di PALI," tekad Khairiman.

Diketahui bahwa Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melakukan kegiatan koordinasi dan kerjasama pelaksanaan Diklat Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM di Kota Batu Provinsi Jawa Timur yang dimulai sejak tanggal 4 Oktober hingga 7 Oktober 2023.

Kegiatan yang diberi nama Capacity Building Training terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertujuan meningkatkan kualitas SDM, dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten PALI Kartika Yanti.

Kepala OPD, Asisten  Staf Ahli dan Camat di kabupaten PALI ikut serta dalam kegiatan tersebut. Pada hari pertama kegiatan tersebut yakni Kamis 5 Oktober 2023, rombongan dari Kabupaten PALI mengunjungi Desa Wisata Punten Kota Batu.

Sumber: