Survei LKPI, Iva Caleg Nadem Berpeluang Menang

Survei LKPI, Iva Caleg Nadem Berpeluang Menang

Caleg DPR RI Partai Nasdem Samantha Tivani (Iva) berpeluang besar lolos untuk duduk di kursi senayan DPR RI pada pemilihan legislative 2014--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Caleg DPR RI Partai Nasdem Samantha Tivani (Iva)  berpeluang besar lolos  untuk duduk di kursi senayan DPR RI pada pemilihan legislative yang akan digelar 14 Febuari 2024. 

Karena putri Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru dari hasil survei terbaru  masih bertenger menempati posisi teratas dari nama-nama calon legislatif  DPR RI dapil dua provinsi Sumatera Selatan yang akan berlaga pada pesta  demokrasi lima tahunan dan  akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia.

Demikian hasil temuan survei Lembaga Kajian Kajian Publik Independen (LKPI) ketika dihubungi  wartawan melalui sambungan telpon seluler Jakarta, Kemarin 

“Dari pertanyaan terbuka (top of mind) atau tanpa menyebutkan nama caleg, secara spontanitas responden sudah menyebut akan memilih Samantha Tivani (13,1 persen) sebagai anggota DPR RI Dapil dua Sumsel. 

BACA JUGA:5 Ribu Massa Akan Hadiri Silaturahmi Anies di Nasdem

Kalau tidak salah, seingat saya, nama-nama-caleg lainnya angkanya masih berada di bawah tiga persen,"ujar Ariyanto

Uji simulasi  (pertanyaan semi terbuka) dengan menyebutkan nama-nama caleg  partai politik yang akan maju pada pileg DPR RI dapil dua,  elektabilitas Samantha Tivani masih konsisten  berada di angka 32,1 persen.

Untuk elektabilitas caleg lainnya masih seingat saya juga masih berada di bawah angka 10 persen. Jadi keunggulan Samantha Tivani secara statistik  bisa dikatagorikan unggul signifikan.

Dalam arti keunggulan elektabilitas Samantha Tivani tersebut sudah berada di luar tingkat kesalahan (marjin of error) survei +/- 5 persen.

BACA JUGA:Renny Astuti Hadiri Langsung Penyerahan Berkas Bacaleg Nasdem ke KPU RI

Jarak elektabilitas Samantha Tivani dengan caleg  partai politik lain dan juga  termasuk caleg internal dalam partai Nasdem sendiri   cukup jauh,"ujarnya. 

Lebih lanjut mengatakan, kuatnya tarikan elektoral Samantha Tivani tentunya tidak serta merta muncul begitu saja.

Mantan kordinator Lembaga Survei Indonesia (LSI) ini menerangkan, modal sosialisasi yang sudah dilakukan Samantha Tivani dari temuan survei juga menunjukkan keunggulan dari caleg-caleg DPR RI dapil dua Sumsel  lainnya.

Sosialisasi  seperti blusukan/pertemuan tatap muka/pertemuan umum, baleho, spanduk, kalender, stiker, media sosial, surat kabar dan Tim sukses/Tim pendukung dari temuan survei juga didapatkan Samantha Tivani tetap unggul dari caleg lainnya.

Sumber: