Waspada! Kulit Belang Saat Musim Panas, Ini Solusi Efektif Mengatasinya

Waspada! Kulit Belang Saat Musim Panas, Ini Solusi Efektif Mengatasinya

Berikut cara efektif mengatsi kulit yang belang akibat terpapar matahari saat musim panas tiba--

Penggunaan krim pemutih yang mengandung hydroquinone juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi kulit belang yang disebabkan oleh hiperpigmentasi.

3. Lakukan eksfoliasi (Luluran)

Eksfoliasi atau luluran dapat membantu meredakan kulit belang yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih dengan cara mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru.

BACA JUGA:Waspada! Ternyata Polusi Juga Berbahaya Bagi Kulit Bukan Hanya Pernafasan, Ini Cara Mencegahnya

Namun, jika memiliki kulit yang berjerawat maupun kulit sensitif, luluran justru dapat membuat iritasi dan memperparah kondisinya.

Selain dengan luluran, kulit belang juga dapat diatasi dengan eksfoliasi kimia. Prosedur ini menggunakan senyawa kimia untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada lapisan terluar kulit.

Setelah sel kulit mati terangkat, sel kulit baru yang lebih halus terbentuk untuk menggantikan sel kulit yang lama.

4. Jalani dermabrasi

Cara mengatasi kulit belang berikutnya adalah dengan dermabrasi. Prosedur ini mampu mengangkat sel kulit mati untuk memicu lapisan sel kulit baru yang lebih terang.

Dermabrasi dapat dilakukan untuk menangani kulit belang yang disebabkan oleh tekstur atau warna kulit yang tidak merata dan luka jerawat.

BACA JUGA:Selalu Waspada Bila Mengajak Anak Bermain Mandi Bola, Ini Bahaya yang Perlu Orang Tua Ketahui

5. Jalani terapi laser

Terapi laser juga dapat digunakan untuk menyamarkan kulit belang akibat hiperpigmentasi. Prosedur ini bekerja dengan cara mengangkat lapisan kulit teratas (epidermis), sehingga merangsang pertumbuhan kolagen pada lapisan kulit di bawahnya (dermis).

Namun, penggunaan terapi laser sebagai cara mengatasi kulit belang ini bisa saja menimulkan luka pada kulit. Oleh karena itu, pelaksanaan prosedur ini sebaiknya mengikuti anjuran dokter.

6. Gunakan masker berbahan alami

Sumber: